Katekisasi Calon Pelsus GMIM, Wagub Kandouw Ungkap Peran Gereja Dalam Kehidupan Masyarakat

oleh
Tampak, kegiatan Katelisasi Pelsus GMIM Wilayah Rayon Manado. (foto: istimewa)

MANADO – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw membawa materi dalam kegiatan Katekisasi Tahap II Pelayanan Khusus (Pelsus) Terpilih Periode 2022-2026 GMIM Rayon Manado di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, Senin (8/11/2021).

Kesempatan itu, Kandouw mengungkap pujian dan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan katekisasi tersebut.

Ia mengapresiasi BPMS GMIM yang dapat menghadirkan pemerintah untuk memberikan materi bagi calon Pelsus GMIM.

“Kehadiran pendeta, calon Pelsus maupun para peserta kegiatan lainnya, bukanlah kehendak pribadi masing-masing, melainkan kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa. Katekisasi merupakan tahapan sebelum penetapan Pelayan Khusus,” ungkapnya.

Kandouw menuturkan, kehadiran mampu memberi warna terhadap aspek kehidupan termasuk dalam bergereja.

“Gereja merupakan bagian dari iman di dalam kehidupan sosial masyarakat. Tentunya ini patut disyukuri, karena posisi gereja di Sulut sangat vital jika dibandingkan gereja di daerah lain,” bebernya.

Apalagi warga GMIM, kata Kandouw, tiada hari tanpa terlibat dengan gereja.

“Mulai dari kelahiran, perkawinan sampai kematian semuanya terlibat dengan gereja. Ini menghasilkan keterikatan yang kuat dalam kehidupan bermasyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Pelaksana Katekisasi Pelsus GMIM, Rio Dondokambey mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan dan pemberian diri kepada Tuhan.

Ia berterima kasih kepada BPMS GMIM yang mempercayakan dirinya bersama jajaran panitia dalam kegiatan katekisasi tersebut.

“Ini sebuah panggilan dan kepercayaan yang merupakan tanggungjawab yang diberikan Tuhan. Sebagaimana yang kita tahu, dalam kehidupan banyak yang terpanggil tapi sedikit yang terpilih,” tukasnya.

Kegiatan katekisasi ini digelar secara hybrid dan dilangsungkan selama satu minggu.

Turut hadir juga Wali Kota Manado Andrei Angouw sebagai pemateri dan Kepala Badan Kesbangpol Sulut, Steven Liow selaku moderator. (rivco tololiu)