Angkat Transisi Energi KEK Likupang, Joune Ganda Satu-satunya Kepala Daerah di Indonesia Jadi Pembicara APSEC

oleh
Bupati Minut Joune Ganda. (foto: istimewa)

MINUT – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda (JG) untuk kedua kalinya diundang Presiden APEC Sustainable Energy Center (APSEC), Li Zhu, sebagai pembicara pada 6th APEC Workshop Sustainable Cities.

Bupati JG pada acara tersebut, sebagai satu-satunya pembicara dari kepala daerah di Indonesia. JG mengangkat transisi energi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang juga sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) dari 5 (lima) daerah di Indonesia.

“Kita memaparkan kawasan Sulut lebih khusus Likupang sebagai kawasan perlindungan Wallace Line. Yakni garis yang memisahkan kekayaan keberagaman hewan dan tumbuhan yang benar-benar terpisah dari belahan dunia lainnya,” kata Bupati

Ditambahkannya, bersama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, kami akan membangun Wallace Conservation Center, Cultural Village dan Marine Tourism Park di kawasan ini. “Tentunya berdasarkan masterplan KEK Likupang dan DSP Likupang, pembangunan ini serta akhir dari pembangunan membutuhkan daya listrik yang besar.

“Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada APEC melalui APEC Sustainable Energy Center yang bersedia membantu kami di Minut dalam transisi energi di kawasan ini, tanpa mengesampingkan pelestarian lingkungannya. Tentu dengan mengupayakan semaksimal mungkin pengembangan energi terbarukan,” tutur suami Rizya Davega itu.

Pada kesempatan lain, Direktur Politeknik Negeri Manado Maryke Alelo sangat berterima kasih kepada Bupati JG atas respon dan antusiasme untuk turut serta dalam kegiatan ini serta siap bekerjasama, karena agenda 6th APEC Workshop on Sustainable Cities, di Tianjin, China kali ini Politeknik Negeri Manado merupakan co-organized bersama APSEC dan CNSC (Cooperative Network of Sustainable Urban Energy). (Wolter Rumapar)