Olly-Steven Kawal Program PTSL Jokowi di Sulut, Sebanyak 10.000 Sertifikat Tanah Gratis Akan Diserahkan ke Warga

oleh
Foto bersama usai penyerahan secara simbolis sertifikat tanah gratis kepada perwakilan warga di Kantor Gubernur Sulut. (foto: rivco tololiu)

MANADO – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus mengawal program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

PTSL ini merupakan program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas suatu tanah milik masyarakat secara gratis.

Pun, lewat program tersebut sudah banyak masyarakat Sulut yang mendapatkan sertifikat tanah gratis secara bertahap. Program PTSL ini terus berlanjut hingga tahun 2021.

“Pemberian tanah gratis untuk masyarakat merupakan inisiasi Presiden RI Joko Widodo dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkap Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil dalam kegiatan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Program PTSL Tahun 2021, Rabu (15/12/2021).

Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Sulut, Lutfi Zakaria bersama Forkopimda Sulut dan sejumlah pejabat Pemprov Sulut, hadir secara virtual dari Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Kesempatan itu, Wagub Steven Kandouw menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian ATR/BPN atas penyelenggaraan program bernilai positif bagi kesejahteraan tersebut.

“Program ini memberi pengaruh besar terhadap road-map Pemerintah Provinsi Sulut dalam upaya memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

“Untuk itu, Pemprov Sulut sangat mendukung upaya, ikthiar dan semangat yang sudah diperlihatkan Kementerian ATR/BPN. Silahkan pak Menteri, selalu akan kami dukung,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Sulut Lutfi Zakaria melaporkan bahwa ada sebanyak 10.000 sertifikat yang diserahkan kepada warga masyarakat, dengan 100 orang diantaranya menerima sertifikat secara simbolis.

“Penyerahan sertipikat kemudian akan dilakukan secara bertahap di tiap Kantor Pertanahan kabupaten/kota se-Sulut, termasuk di daerah kepulauan seperti Pulau Bangka yang menjadi penunjang KEK Likupang,” imbuhnya.

Diketahui, ada sejumlah daerah yang menggelar Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat kali ini. Selain Provinsi Sulut, terdapat dua provinsi lainnya yaitu Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Bali. (rivco tololiu)