Gubernur Minta OPD Maksimalkan APBD untuk Pacu Program Kerja dan Penanganan Covid-19

oleh
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw foto bersama jajaran pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (foto: istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulut untuk memaksimalkan APBD dalam memacu program kerja dan penanganan Covid-19.

Itu disampaikannya saat memimpin langsung Apel Kerja Perdana tahun 2022 di halaman Kantor Gubernur Sulut, Senin (3/1/2022).

Gubernur mengatakan, tahun 2022 merupakan tanda kesiapan memulai kerja, menorehkan karya dan melanjutkan pengabdian untuk mewujudkan berbagai resolusi, utamanya untuk kemajuan daerah Sulut.

“Pelaksanaan apel ini sangat strategis sebagai bagian dari refleksi apa sudah dilaksanakan sepanjang tahun 2021. Meski pandemi kita mampu mengukir capaian pembangunan yang membanggakan,” tuturnya.

Ia mengakui pada tahun 2021 ada berbagai capai dalam hal pembangunan infrastruktur di Sulut. Banyak proyek infrastruktur yang diresmikan termasuk pelayanan kesehatan, pendidikan, jalan dan jembatan.

Dari capaian ini, lanjutnya, Pemprov Sulut diganjar penghargaan dari pemerintah pusat melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

“Saya kira capaian itu jadi standar, tolak ukur kita kerja di tahun 2022 ini,” bebernya.

Di akhir arahannya, Gubernur Olly mengingatkan kepada seluruh kepala OPD Pemprov Sulut untuk tetap fokus pada penanganan Covid-19.

“Siapkan penanganan Covid-19 dari APBD kita. Tahun ini mungkin kita tidak dapat bantuan. Jadi saya harapkan kepada bapak ibu manfaatkan dengan benar APBD yang sudah kita tetapkan untuk pembiayaan di tahun 2022. Hal yang bisa kita optimalkan, itu harus optimalkan agar tak ada pemborosan dalam hal pembangunan di Sulut,” tandasnya.

Dalam apel, Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw menyaksikan perjanjian kinerja 2022 dan pakta integritas.

Secara simbolis dilakukan oleh Pj Sekdaprov Sulut, Asisten 1, Asisten 2, Kepala BKD, Kepala Bappeda dan Kadis Diknas.

Selanjutnya, dilakukan peluncuran ID Card Sulut Maju dan Sejahtera serta penyerahan penghargaan PGRI kepada Gubernur Olly Dondokambey oleh Ketua PGRI Sulut, Jovial Bintang Wowor. (rivco tololiu)