Ketua KPU Tomohon: Tahapan Pemilu Dimulai Juni 2022

oleh
KPU Tomohon usai mengikuti launching Pemilu 2024. (foto: istimewa)

TOMOHON – Pelaksanaan Launching pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 digelar serentak secara nasional pada 14 Februari 2022.

Launching ini diikuti oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon.

“Sesuai arahan, untuk tahapan Pemilu akan dimulai Juni 2022 atau tepatnya 20 bulan dari hari pencoblosan 14 Februari 2024,” kata Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut usai mengikuti launching secara virtual bersama jajaranya, Senin (14/2/2022).

Menurut Lasut, hal tersebut berdasarkan keputusan KPU RI nomor 21 tahun 2022 tentang hari dan tanggal pemungutan suara pada Pemilu presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten /Kota serentak 2024.

Sehingga saat ini KPU Tomohon masih menunggu PKPU, hal itu terkait dengan apa yang akan dilakukan pihaknya dalam tahapan Pemilu ini.

“Untuk sementara pemilih di kota Tomohon yang terdata pada bulan Desember 2021 berjumlah 74.427 pemilh, dan dapat berubah setiap saat bisa naik atau turun tergantung fluktuasi penduduk kota,” jelasnya.

Dijelaskan pula melalui Launching dimaksud untuk memberikan informasi dan publikasi kepada masyarakat terkait Pemilu serentak sebentar lagi dilaksanakan. Agar nantinya masyarakat yang memiliki hak pilih bisa menggunakannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024.

“Koordinasi KPU Tomohon dengan Forkopimda berjalan baik, buktinya mendapat dukungan lewat kehadiran saat ini, oleh karena itu disampaikan terima kasih,” pungkas Lasut.

Tampak hadir dalam Launching virtual tersebut Kapolres AKBP Arian Primadanu Colibrito, Ketua Bawaslu Deasy Soptuan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakot Toar J Pandeirot mewakili Walikota, para komisioner serta staf KPU Tomohon. (Deidy Wuisan)