Mengenal Lebih Dekat Nggahusa Hill, Objek Wisata Primadona di Kecamatan Siau Tengah

oleh -707 Dilihat
Kapitalau Beong Hervie Mandak, duduk di pondok tempat menikmati makanan dan minuman yang dijajakan dari kantin. (FOTO: Istimewa)

ONDONG – Jika membicarakan seputar objek wisata, tentu kita terbayang oleh sebuah tempat yang indah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari wisatawan domestik atau bahkan sampai wisatawan mancanegara.

Pastinya tujuan untuk berwisata ialah menikmati keindahan dan suasana yang ditawarkan di sebuah objek wisata tersebut.

Cukup dengan uang Rp20.000 pengunjung bisa bermain di wahan sepeda gantung. (FOTO: Istimewa)

Objek wisata Nggahusa Hill merupakan salah satu objek wisata di Desa Beong Kecamatan Siau Tengah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang saat ini mulai ramai dikunjungi oleh warga.

Memiliki bentang alam yang indah, Nggahusa Hill menyuguhkan panorama cantik nan asri dari pemandangan ke laut hingga gugusan bukit yang ditumbuhi pohon pala, kelapa dan lainnya.

Pengunjung juga boleh mencoba bermain yang bisa memicu adrenalin di wahana flying fox. (FOTO: Istimewa)

Bukan hanya itu, Nggahusa Hill juga menyediakan wahana bermainan yaitu flying fox dan sepeda gantung.

Tiket masuk Nggahusa Hill terbilang murah. Pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp3.000 untuk menikmati pemandangan alam di tempat tersebut. Selain itu, udara sejuk sangat cocok untuk pengunjung yang inigin mencari lokasi untuk melepas penat, dari hiruk-pikuk kesibukan pekerjaan atau santai bersama keluarga.

Rumah pohon bisa menjadi tempat mengabdikan momen bersama dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. (FOTO: Istimewa)

Lokasi Nggahusa Hill dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh sekira 3 km dari Ibu Kota Kabupaten Kota Ondong atau sekira 4 km dari Kota Ulu. Nantinya, pengunjung akan melewati pemukiman warga sebelum sampai ke destinasi tersebut.

Kawasan Nggahusa Hill sebelumnya merupakan lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang kemudian disulap oleh pemerintah Desa Beong menjadi objek wisata primadona di Kecamatan Siau Tengah.

Kapitalau (Kepala Desa) Beong Hervie Mandak, mengatakan, semenjak dibuka oleh Bupati Sitaro Evangelian Sasingen pada 21 April 2022 lalu, Nggahusa Hill mulai ramai dikunjungi wisatawan.

“Libur panjang kemarin, banyak wisatawan domestik serta ada wisatawan mancanegara yang datang berkunjungan. Setiap harinya pengunjung mencapai 100 orang lebih,” kata Hervie, Jumat (13/05/2022).

Dia menyebutkan, pengunjung yang datang bermain di wahana flying fox dan sepeda gantung cukup membayar Rp20.000 agar bisa bermain di wahana yang menantang tersebut.

“Para pengunjung tidak perlu takut berlama-lama di sini. Jika merasa lapar atau haus, Nggahusa Hill menjajakan makanan dan minuman di kantin,” ucapnya lagi.

Hervie menuturkan, fasilitas lain yang juga disediakan di Nggahusa Hill adalah rumah pohon, pondok tempak duduk menikmati jajakan makanan dan minuman.

Sementara untuk tempat pertemuan atau seminar dengan kapasitas tampung 60 orang.

“Bisa juga digunakan untuk acara ulang tahun dengan biaya sewa yang sama Rp200.000 per hari. Juga disediakan paket makanan beserta minum dengan harga terjangkau,” sebutnya.

Hervie menambahkan, objek wisata tersebut dinamai Nggahusa Hill karena kawasan ini banyak ditumbuhi sejenis tanaman yang dinamai warga Nggahusa.

“Dahulunya Nggahusa Hill merupakan kawasan jalan alternatif warga berjalan kaki dari Kota Ulu ke Kota Ondong atau sebaliknya,” tutup Hervie.(Jackmar Tamahari)