Runtukahu Wakili Unsrat Ikut Program IISMA 2022 di Italia

oleh
Archelia Lara Gabriele Runtukahu. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado berhasil meloloskan lima mahasiswa undergraduate atau setingkat sarjana, dalam ajang Indonesian International Mobilty Award (IISMA) 2022. Salah satu mahasiswa yang mewakili Unsrat adalah Archelia Lara Gabriele Runtukahu, yang kerap disapa Lara. Lara akan menempuh one term study di University of Padua, Italy pada Bulan September 2022 mendatang.

Lara saat ini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi IBA di Unsrat dan di bawah bimbingan akademik Merinda H. Ch Pandowo. SE. MA. Lulusan SMA Kristen Eben Haezar ini pernah aktif sebagai Volunteer di Maleosan ID, sebuah platform kreatif yang dibuat oleh anak-anak muda kreatif di Sulawesi Utara.

Adapun, IISMA 2022 adalah program dari Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia.

Progam ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia menempuh semester di salah satu universitas mitra di luar negeri, untuk mengembangkan kompetensi dan pengetahuan mereka.

Proses seleksi dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif melalui universitas, dengan salah satu persyaratan utama adalah kemampuan Bahasa Inggris.

Diketahui, Lara merupakan putri kedua dari pasangan Frangky Runtukahu dan Angelique Rumondor. Ayahnya, Frangky merupakan lulusan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unsrat dan tercatat sebagai salah satu peserta dalam Program Joint Degree S2 kerja sama Unsrat di Ancona Politecnica Della Marche Italia pada Tahun 2006. Sementara, Ibunya merupakan lulusan Fakultas Pertanian Unsrat dan menempuh Program S2 di Flinders University di Adeleide, South Australia. Saat itu, Lara beserta kakaknya mengikuti sang Ibu di Australia dan sempat menumpuh studi di Adelaide Australia selama sekira 2 tahun. (Redaksi)