Sekda Boltim Minta Pemerintah Desa Maksimalkan BUMDes

oleh


BOLTIM
– Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sonny Warokka, menutup secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa, yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, Sabtu (6/08).

Dalam sambutannya, Sonny menyampaikan bahwa dalam hal pengelolaan keuangan desa, pemerintah desa dapat memaksimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pendapatan asli desa sesuai dengan potensi yang ada. “Setiap pengelolaan keuangan desa itu, pasti ada programnya. Tapi, ada yang dilupakan yaitu potensi dalam desa seperti Bumdes. Dimana, program ini bisa menjadi sumber pendapatan untuk desa,” kata Sonny.

Ia mengaku, pihaknya juga akan melihat potensi-potensi yang ada di setiap desa yang yang tersebar di 81 Desa yang ada di kabupaten Boltim. “Kedepannya, kami juga akan turun ke desa-desa untuk melihat setiap potensi yang ada, agar dapat dikembangkan dan bisa menjadi sumber pendapatan desa,” akunya.

Ia pun berharap kepada peserta yang telah mengikuti bimtek tersebut, untuk benar-benar menyerap, serta mengaplikasikannya ketika kembali di desa masing-masing. “Semoga apa yang sudah diperoleh dari Bimtek ini dapat diterapkan dengan baik. Jadi, jangan hanya sekedar datang menerima materi dan sertifikat, kemudian tidak memperoleh manfaat apa-apa dari Bimtek ini, saya berharap ada penyegaran dan perubahan setelah pulang nanti,” tutupnya. (Novianti Kansil)