Pejabat Indonesia Dikabarkan Lakukan Kunjungan Rahasia ke Israel, Bertemu Presiden Isaac Herzog

oleh
FOTO: Istimewa)

TEL AVIV- Media Israel mengklaim seorang pejabat pemerintahan dari Indonesia saat ini sedang kunjungan rahasia ke negara itu. Namun, tidak disebutkan nama pejabat senior yang direncanakan bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog itu.

Dalam pemberitaannya berjudul “Eksklusif: Pejabat Senior Indonesia dalam Kunjungan Rahasia ke Israel, dikutip Selasa (20/9/2022), media Israel bernama i24NEWS tersebut mengungkapkan mendapat informasi itu dari sebuah sumber.

Media itu menekankan, Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Menurut laporan i24NEWS, pada awal tahun 2022, seorang pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Israel mengonfirmasi selama briefing bahwa Israel dan Indonesia bekerja di belakang layar menuju normalisasi hubungan. Amerika Serikat bertindak sebagai mediator.

Agustus lalu, delegasi investor, teknologi, dan spesialis perdagangan Israel mengunjungi Indonesia. Disebutkan, volume perdagangan langsung dan tidak langsung antara Israel dan Indonesia mencapai sekitar 500 juta dolar Amerika Serikat per tahun.

Sumber mengungkapkan kepada i24WEWS, selain Indonesia, delegasi Pakistan juga saat ini berada di Israel. Sama halnya dengan Indonesia, Pakistan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. (Redaksi)