HUT Ke-60 P/KB Sinode GMIM Momentum Perkuat Kebersamaan

oleh
Gubernur Olly Dondokambey saat menyampaikan sambutan. (foto: istimewa)

MINSEL – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menghadiri Ibadah Agung HUT Ke-60 Pria/Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM di Lapangan Sam Ratulangi, Motoling Dua, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Jumat (14/10/2022)

HUT Ke-60 P/KB GMIM ini, dirangkaikan dengan lomba kesenian dan kebudayaan yang diikuti ribuan peserta.

Gubernur Olly kesempatan itu mengatakan, eksistensi dan kiprah semua lapisan masyarakat, tidak terkecuali P/KB Sinode GMIM dituntut dan diharapkan, utamanya dalam menyikapi secara bijak dan cerdas, ekses negatif yang dapat ditimbulkan dari perkembangan zaman.

“Selain itu, dapat jawab persoalan yang tengah dihadapi Bangsa Indonesia saat ini dan ke depan, termasuk dalam mengelola kemajemukan agar menjadi faktor terbangunnya persatuan dan kebersamaan,” ucap Gubernur Olly mengawali sambutan.

Ia menyampaikan selamat merayakan HUT ke-60 kepada semua komponen P/KB Sinode GMIM, serta selamat berbaur dan berkompetisi dalam kegiatan Lomba Kesenian dan Kebudayaan.

Menurut Gubernur Olly, momentum HUT ini dan kegiatan lomba yang dilaksanakan memperkuat peran dan karya serta kebersamaan P/KB Sinode GMIM di dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

“Saat ini kita telah berada pada era revolusi industri 4.0 dan smart society 5.0, era dimana waktu, ruang dan jarak bukan lagi menjadi pembatas. Era dimana pergaulan antar bangsa semakin terbuka, dan era dimana potensi akulturasi antar budaya semakin tinggi,” ujarnya.

Lanjut dia, tentunya disamping menjadi suatu peluang untuk berkreasi dan berinovasi di segala aspek kehidupan, dinamika perkembangan zaman, ini juga turut membawa ancaman atau tantangan bagi segenap komponen bangsa.

“Serta sangat memungkinkan dapat merubah nilai-nilai budaya serta kepribadian umat Kristiani, warga gereja, termasuk warga GMIM di Sulawesi Utara,” terangnya.

Gubernur Olly berharap rangkaian kegiatan ini, mampu dimaknai dan dijadikan sebagai kesempatan untuk memantapkan peranan dan tanggung jawab P/KB Sinode GMIM sebagai salah satu pilar gereja dan penerapan kepemimpinan pelayanan di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.

“Serta meningkatkan kepekaan sosial dan rasa solidaritas dalam mensolusikan berbagai permasalahan yang ada di tengah masyarakat,” tuturnya.

Hadir dalam Ibadah Agung ini, yakni Ketua BPMS GMIM, Pdt. Dr. Hein Arina, Ketua Komisi Pelayanan P/KB GMIM, Ketua Umum Pelaksana HUT P/KB GMIM ke-60, Franky Wongkar, Forkopimda dan jajaran Pemkab Minsel. (rivco)