Cuaca Buruk, Pengendara Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Jalan Raya Manado-Tomohon

oleh
Ruas jalan di Provinsi Sulut rentan terjadi pohon tumbang saat cuaca buruk. Tampak kejadian pohon tumbang di jalan raya Manado, waktu lalu. (foto: istimewa)

MANADO – Cuaca buruk hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah daerah di wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) selang beberapa hari terakhir.

Kondisi ini patut diwaspadai masyarakat, terutama yang beraktivitas di luar rumah.

Bencana sangat memungkinkan terjadi saat cuaca buruk berlangsung.

Seperti halnya kejadian pohon tumbang yang memakan korban jiwa di ruas jalan raya Manado-Tomohon, tepatnya di Desa Pineleng Dua, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.

Seorang pria terindentifikasi bernama Christian S, warga Desa Tandengan Satu, Kecamatan Eris, meregang nyawa saat tertimpa pohon sewaktu bertolak mengendarai sepeda motor dari Manado ke rumahnya.

Kejadian naas ini terjadi saat hujan deras disertai angin kencang mengguyur ruas jalan Manado-Tomohon, sekira pukul 14.30 WITA, Senin (14/11/2022).

Kapolsek Pineleng Iptu Ronald Varit Sabaja, membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Saat ini korban sudah dibawa pihak keluarganya ke Minahasa,” ungkap Kapolsek.

Peristiwa ini tentunya menjadi perhatian bagi masyarakat, terlebih para pengendara untuk ekstra hati-hati saat berkendara di waktu cuaca buruk berlangsung.

“Sesuai prediksi BMKG, wilayah Sulut masih akan dilanda cuaca buruk hingga beberapa hari ke depan. Ini harus menjadi perhatian untuk tetap waspada akan potensi bencana baik banjir, tanah longsor dan pohon tumbang,” ungkap Kepala BPBD Sulut, Joi Oroh.

“Kalau cuaca buruk hujan deras angin kencang berlangsung sebaiknya kita menghindari wilayah yang rentan bencana. Seperti di bantaran sungai, pesisir pantai dan perbukitan. Begitu juga ruas jalan yang rentan pohon tumbang,” imbaunya. (rivco)