Puncak Hari Anak Sedunia 2022, Gubernur OD Ingatkan Pentingnya Pemenuhan Hak-hak Anak

oleh -774 Dilihat
Acara puncak HAS 2022 di Megamas Manado. (foto: istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey (OD) dan Wakil Gubernur Steven Kandouw menghadiri puncak acara Hari Anak Sedunia (HAS) 2022 di Kawasan Megamas, Manado, Minggu (20/11/2022).

Acara ini mengambil tema “Building Digital Relience For ASEAN Children” yang dihadiri langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga, serta ratusan anak-anak delegasi ASEAN.

Kegiatan yang berlangsung dari 18-20 November 2022 ini, digelar dua tempat yakni Kota Manado dan Tomohon.

Gubernur OD saat sambutan mengatakan, momentum HAS 2022 adalah kesempatan bagi pemerintah untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak.

“Eksekutif Direktur UNICEF menyatakan masih ada banyak masalah utama yang dihadapi oleh anak-anak saat ini dan di masa depan,” ucapnya.

Olehnya, Gubernur OD menyampaikan pemerintah harus segera mewujudkan tanggung jawab tersebut ke dalam aksi nyata, karena anak-anak saat ini harus dihadapkan dengan masalah yang memiliki dampak jangka panjang seperti keterbatasan air bersih, iklim dan udara bersih, kesehatan mental, kemiskinan, hingga kekerasan dan konflik.

Ia juga mengajak semua pihak untuk bekerja sama, meningkatkan peran masing-masing sehingga semua anak bisa mendapatkan hak-haknya secara gratis dan konkret, menikmati lingkungan yang aman dan nyaman, sehingga tumbuh dan berkembang, menjadi anak-anak yang cerdas, unggul, dan dapat berperan dalam pembangunan bangsa dan negara.

Lanjut dia, selain menciptakan lingkungan yang aman, HAS harus juga dimaknai dan dimanfaatkan untuk memperkokoh tekad dan memperkuat komitmen yang meningkatkan jalan sinergi pemerintah sampai dengan akar rumput.

“Mari kita tingkatkan peran kita masing-masing, peran keluarga dalam pengasuhan serta menurunkan angka pekerja anak yang terintegrasi terhadap tumbuh kembang anak dan semua bersama-sama menjaga dan menolak perkawinan dini, serta menolak kekerasan pada anak-anak,” tukasnya.

Sementara itu, Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan, HAS adalah hari merayakan hak anak. Olehnya diharapkan kerja sama dari seluruh pihak untuk mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Hargai pandangan anak. Dan partisipasi dalam upaya perlindungan, kami bentuk wadah partisipasi anak dalam pembangunan yakni forum anak yang sudah terbentuk di 33 provinsi,” ucapnya seraya berharap agar wadah tersebut dapat menjamin perlibatan anak dalam pembangunan di Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini, yakni Forkopimda Sulut, Ketua TP PKK Sulut, Rita Tamuntuan, Sekretaris TP PKK Sulut/Kepala Dinas P3AD Sulut, dr Kartika Devi Tanos, Plh Sekdaprov Sulut Steve Kepel, sejumlah bupati/wali kota dan pejabat lingkup Pemprov Sulut dan Pemkot Manado. (rivco)

No More Posts Available.

No more pages to load.