Sekdaprov Steve Kepel Pimpin Rapat Persiapan Kunker Presiden Jokowi ke Sulut

oleh
Rapat persiapan kunjungan Presiden Jokowi menghadirkan semua instansi terkait. (Foto: istimewa)

MANADO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bulan ini.

Kepala Negara dijadwalkan akan meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan dan meninjau pasar di Kota Manado, sekaligus mengunjungi objek wisata Malalayang Beach Walk (MBW) dan Bunaken.

Rapat persiapan kedatangan Presiden Jokowi berlangsung di Kantor Gubernur Sulut yang dipimpin Sekdaprov Steve Kepel, Senin (16/1/2023).

Rapat ini dihadiri Dandrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, Danlanud Samrat Manado Marsma Satriyo Utomo, pihak Polda Sulut, BIN Daerah Sulut, BMKG, Pemkot Manado, Pemkab Minahasa Utara, Balai Sungai dan instansi terkait di lingkup Pemprov Sulut.

Sekdaprov Steve Kepel mengatakan persiapan kunker Jokowi ke Bumi Nyiur Melambai terus dimatangkan.

“Kita terus matangkan persiapan dengan menggelar rapat bersama instansi terkait termasuk TNI/Polri,” kata Kepel.

Ia menyebut, sesuai perkembangan informasi, Presiden Jokowi akan tiba di Sulut pada 18 Januari 2023.

“Agenda kegiatannya akan berlangsung pada 19-20 Januari. Sesuai jadwal, Presiden Jokowi akan meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan. Selanjutnya meresmikan Malalayang Beach Walk dan Terminal Bunaken, serta mengunjungi Pasar Bersehati Manado,” jelasnya.

Sekdaprov memastikan setiap lokasi yang akan dikunjungi Presiden Jokowi sudah dikoordinasikan bersama instansi-instansi terkait yang berwenang.

“Seperti di Bendungan Kuwil Kawangkoan sudah ada pihak yang mengaturnya. Begitu juga di Pasar Bersehati Manado, objek wisata Bunaken hingga lokasi Malalayang Beach Walk,” ungkapnya.

Meski begitu, kata Kepel, jadwal kunjungan Kepala Negara ini, bisa berubah karena pihaknya masih menunggu informasi dari Tim Advance Kepresidenan.

“Jadwalnya memang belum fix. Kita terus menunggu perkembangan. Tapi intinya kita sangat siap menyukseskan agenda kegiatan kunjungan kerja Presiden Jokowi di Sulut,” ujarnya.

Ia mengajak masyarakat Sulut untuk ikut menyukseskan agenda-agenda kegiatan Presiden Jokowi selama di Sulut.

“Apalagi untuk kunjungan di Malalayang Beach Walk, akan ada pengaturan arus kendaraan. Itu juga kita sudah antisipasi bersama instansi terkait,” tukasnya.

Sementara itu, Danrem 131/Santiago Dandrem Mukhlis mengakui, pihak TNI/Polri siap mengamankan agenda kunjungan Presiden Jokowi di Sulut.

“Pengamanan kita sangat siap di setiap lokasi yang akan dikunjungi Presiden Jokowi. Kita juga terus koordinasi bersama pemerintah daerah baik Pemkot Manado, Pemkab Minut dan Pemprov Sulut,” sebutnya. (rivco)