Desa Tolombukan Gelar Musdes LPJ Bumdes

oleh
Unit usaha Bumdes Rajawali Tolombukan. (Foto:ist)

RATAHAN-Pemerintah Desa Tolombukan Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), di gedung Serbaguna Desa Tolombukan, Kamis 26/1/2023.

Kegiatan ini menjadi agenda awal tahun 2023 dengan menghadirkan pengurus Bumdes, BPD hingga tokoh masyarakat dan jajaran pemerintah Desa.

Hukum Tua Delvy Lumbu mengungkapkan, kegiatan Musdes LPJ Bumdes ini dijadikan tolak ukur atau evaluasi terhadap kinerja dan pencapaian Bumdes.

“Menjadi kewajiban bagi Badan Usaha Desa untuk melaporkan keberadaan dan pencapaian kepada pemerintah Desa. Ada beberapa kegiatan usaha yang sudah dibiayai oleh pemerintah desa lewat penyertaan modal usaha,” kata Lumbu.

Dikesempatan yang sama, Vista Sembel selaku pengurus Bumdes Rajawali Desa Tolombukan mengungkapkan, Bumdes sejatinya sudah secara maksimal dengan kegiatan usaha. Diantaranya usaha simpan pinjam, usaha Pertashop.

“Yang kami laporkan adalah sejauh mana pencapaian Bumdes dari sisi profit hingga sejumlah kendala dan tantangan termasuk prospek dan potensi kedepan,” ucap Sembel.

(Marfel Pandaleke)