Jadi Paroki ke-76, Uskup Manado Resmikan Paroki Trinitas Mahakudus Paslaten Tomohon

oleh
Uskup Keuskupan Manado, Mgr Rolly Untu MSC (kedua dari kanan) saat meresmikan Paroki ke-76 di Keuskupan Manado ini. (FOTO: istimewa)

TOMOHON – Paroki di Keuskupan Manado kembali bertambah. Kali ini Paroki Trinitas Mahakudus Paslaten Tomohon diresmikan langsung Uskup Keuskupan Manado, Mgr Rolly Untu MSC, Minggu (19/2/2023). 

Peresmian ini membuat Paroki Trinitas Mahakudus menjadi paroki ke-76 di Keuskupan Manado, serta Paroki ke-8 di Kevikepan Tomohon.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan Surat Keputusan (SK) kepada Pastor Hadi Ignatius Untu Pr sebagai pastor Paroki Trinitas oleh Uskup Manado disaksikan Vikep Tomohon, Pastor Berti Imbar Pr dan pastor Paroki Hati Kudus Yesus Tomohon, Fecky Singal Pr.

Adapun, rangkaian peresmian dan penyerahan SK pastor paroki diawali dengan misa yang dipimpin langsung oleh Uskup Manado.

“Marilah kita tetap saling mengasihi sesama kita umat manusia dalam kehidupan keseharian. Termasuk sebagai paroki baru, apalagi Gereja Katolik mengajarkan soal solidaritas dengan sesama sebagai gereja Universal,” kata Uskup Rolly Untu.

Sedangkan Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk berharap agar umat setempat untuk terus meningkatkan kualitas iman melalui tindakan yang nyata terhadap kepedulian sesama manusia.

Sementara itu, Pastor Hadi Untu Pr mengajak seluruh umat untuk bersama dalam membangun paroki tersebut lewat berbagai hal. 

Pastor Fecky Singal Pr sendiri berharap kepada pastor Paroki baru diangkat agar dapat menggunakan berbagai talenta yang dimiliki umat di Paslaten dengan jumlah jiwa sekitar 2012 dalam 25 Wilayah Rohani.

Usai Misa, sebelum pelaksanaan perayaan syukur bersama umat, Uskup bersama Wali Kota Caroll Senduk, Pastor Berti Imbar Pr dan Pastor Fecky Singal Pr melakukan aksi penanaman pohon.

Hal ini sebagai tanda dukungan atas gerakan menanam serta ba kobong dari Pemerintah. (Fernando Rumetor)