Hakordia 2023, Pemkot Manado Terima Penghargaan dari Forum Rakyat Anti Korupsi Sulut

oleh
Penghargaan dari FRAKO Sulut kepada Pemkot Manado yang diterima langsung Asisten I Setda Kota Manado, Julises Oehlers (Kanan). (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO – Pemerintah Kota Manado mendapatkan penghargaan untuk pemberantasan pungutan liar dari Forum Rakyat Anti Korupsi (FRAKO) Sulawesi Utara (Sulut) tepat di Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia), kemarin. 

Gelar itu disebut Ketua FRAKO Sulut, Andreas Sabawa layak disematkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Manado karena telah membangun wilayah kerja bebas korupsi.

“Yang kami lihat saat ini adalah Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Wali Kota Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota Richard Sualang, banyak perubahan tercipta salah satunya yakni wilayah kerja yang bebas korupsi,” ujar Andreas.

Menurutnya, Pemkot Manado sekarang ini benar-benar fokus kepada pemberantasan dan pencegahan korupsi. Beberapa layanan yang langsung menyentuh kepada publik pun dibenahi sehingga masyarakat terlayani dengan baik.

“Akses masyarakat kini lebih mudah dengan beberapa layanan berbasis digital. Tentu saja dampaknya mengurangi terjadi resiko pungutan liar,” kata Andreas.

Dia melihat pemimpin Kota Manado sekarang ini menyerupai karakter eks Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew. Dalam kepemimpinan Yew, banyak perubahan yang dilakukannya dan menyentuh masyarakat.

“Sosok Lee Kuan Yew menata Singapura dengan sangat baik. Saya lihat Pak Wali dan Pak Wakil berusaha seperti itu juga,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kota Manado Julise Oehlers mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh FRAKO Sulut ini. 

Dikatakannya, gelar ini sejalan dengan upaya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado yang tancap gas membenahi pelayanan kepada masyarakat.

“Contohnya soal layanan kependudukan, Pak Wali dan Pak Wakil benar-benar tegas dengan namanya oknum yang melakukan pungli. Jangan coba-coba melakukan kalau tidak mau langsung ditindak pimpinan,” kata Julises.

 menyebut pembenahan dilakukan di semua lini. Dia berharap dukungan seluruh warga Kota Manado agar Pemerintah Kota semakin maju dan unggul. (Fernando Rumetor/*)