Warning ! Arak-arakan Kendaraan Malam Tahun Baru dan Operasi Sajam Jadi Sasaran Tindak Aparat Polres Mitra

oleh
Polres Minahasa Tenggara bersama stake holder pengamanan malam Tahun Baru. (Foto:ist)

RATAHAN – Polres Minahasa Tenggara siap mengamankan rangkaian perayaan Tahun Baru 2024 melalui Operasi Lilin Samrat 2023 pada malam Tahun Baru 31 Desember 2023 sampai dengan 02 Januari 2024.

“Kurang lebih sebanyak 150 personil itu untuk kita tempatkan di pos pelayanan, pos terpadu, pos pengamanan dan patroli untuk penjagaan di tempat yang rawan gangguan Kamtibmas,” tandas Kapolres Mitra AKBP Eko Sisbiantoro, Rabu 27/12/2023.

Ratusan personil Polri itu kata Kapolres, akan melaksanakan Penyekatan Wilayah di beberapa titik untuk antisipasi anak-arakan kendaraan khususnya yang memakai knalpot brong/racing, serta pemeriksaan senjata tajam dan minuman keras.

Kapolres berharap, dengan adanya sebaran anggota di wilayah Kab. Mitra, yaitu di titik-titik yang rawan gangguan Kamtibmas dan gangguan keselamatan kelancaran lalu lintas, masyarakat akan merasa aman dan nyaman merayakan Tahun Baru, terutama dalam pelaksanaan Ibadah Tahun Baru.

“Kalau ada kegiatan masyarakat yang bisa mengganggu situasi Kamtibmas sehingga tidak terjaminnya keamanan, tidak kondusif, tentu harus ada penyekatan, direspon dengan cepat dan siaga oleh anggota yang berada di lapangan,” urainya.

Demikian pula jika ada konvoi-konvoi yang tidak ikuti aturan, ugal-ugalan di jalan, tentu anggota kami di lapangan dapat merespon segera dan antisipasi. Minimal berikan himbauan, edukasi secara persuasif bahwasanya tindakan tersebut bisa merugikan diri sendiri dan orang lain, serta mengganggu kenyamanan masyarakat.

“Jaga situasi tetap aman dan kondusif. Jangan lakukan hal-hal berlebihan, euforia berlebihan yang malah membuat situasi tidak aman dan terkendali. Kita yakin warga masyarakat Minahasa Tenggara bisa bersama kepolisian dan TNI menjaga situasi tetap aman dan kondusif sampai tahun baru berakhir,” himbau Kapolres.

(Marfel Pandaleke)