Kapolda Sulut Kerahkan Kekuatan Penuh ke Daerah Pelaksanaan Pemilukada

oleh -
Kapolda Sulut Bambang Waskito saat menandatangani pemilukada aman dan damai. (Isitmewa)
Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito saat menandatangani deklarasi pemilukada aman dan damai. (Isitmewa)

MANADO- Polda Sulut siap memberi rasa aman terhadap seluruh masyrakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terutama kepada daerah yang akan melaksanakan pemilukada yakni, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan Kota Kotamobagu.

“Semua personel dari Polda Sulut saya kerahkan ke daerah-daerah yang melaksanakan pemilukada. Pun, tadi telah di kerahkan ke daerah kepulauan. Kalau perlu semua anggota jangan ada di kantor Polda Sulut dan diturunkan ke daerah pemilukada,” tegas Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, saat diskusi publik bersama Forward Sulut dan Tumbelaka Akademic, Rumah Kopi Sario, Jumat (9/2/2018)

Menurut dia, dari Mabes Polri saat ini tidak akan lagi memberi bantuan personel pengamanan, karena mengingat pemilukada serentak di Indonesia. Pun, jika dari Polda Sulut membutuhkan personel tambahan maka kami akan ambil dari Polda Gorontalo dan digeser ke Bolmut. “Saya sudah telepon Kapolda Gorontalo dan telah bersedia jika dari Polda Sulut membutuhkan personel pengamanan tambahan,” terang dia.

Lanjut dia, intinya dari pihak kepolisian menjamin Pemilukada akan berjalan dengan aman dan damai. Sudah juga perintahkan ke kapolres-kapolres untuk mendirikan tenda di halaman KPU atau sekitaran KPU.

“Ini semua tidak ada tujuan apapun, karena saya tahu ada yang memplesetkan ini dikira Polisi tidak percaya kepada KPU, tapi tujuannya bukan itu. Namun, saya tempatkan disitu untuk kenyamanan, pihak KPU bisa bekerja dengan baik yang jelas netralitas ada disitu,” pungkas dia. (valentino warouw/fim/esm)