Pileg 2019, Kader Muda Parpol Ditantang Menuju DPR-RI

oleh -
Taufik Tumbelaka. (ist)
Taufik Tumbelaka. (ist)

MANADO- Pemilihan legislatif (Pileg) semakin dekat, kader muda di partai politik (Parpol) ditantang menjadi bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) di pileg 2019 nanti.

“Kader muda parpol harus berani tampil di Pileg 2019, karena masyarakat Provinsi Sulut butuh itu. Pun, itu bagian dari regenerasi di parpol. Berani atau tidak parpol akan mengusung kader-kader mudanya?,” ujar Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut, Taufik Tumbelaka, kepada SINDOMANADO.COM, Kamis (8/3), kemarin.

Menurut dia, adapun beberapa nama politisi yang layak dan pantas serta yang muda untuk maju di Pileg DPR-RI. Misalkan, dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Rocky Wowor, Dicky Makagansa, juga para senior James Tuuk dan Adriana Dondokambey.

“Sedangkan dari Partai Golkar yakni Raski Mokodompit, Adrian Yoppi Paruntu, Jerry Sambuaga dan senior Djelantik Mokodompit. Adapun untuk Partai Nasdem yakni Ronny Imanuel alias Mongol, Felly Runtuwene dan Vicktor Mailangkay,” terang dia.

Lanjut Tumbelaka, sedangkan untuk Partai Gerindra ada Melky Suawah, Simon Mantiri, Chintia Rumumpe dan senior Novi Mewengkang. Partai Demokrat sendiri ada James Karinda, Netty Pantouw.

“Sedangkan dari PAN ada Affan Mokodongan. Namun, ada satu nama yakni Harley Mangindaan yang pantas dan kuat maju di DPR-RI. Semua berpeluang tapi tinggal apakah berani parpol mengusung mereka?,” pungkas Tumbelaka. (valentino warouw/esm/fim)