Kartu IDEAL Jadi Program Pamungkas DP-AL

oleh -
(Foto:Ist)
(Foto:Ist)

BOLMUT – Debat publik putaran kedua yang diselengarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolmut di halaman Kantor KPUD, berjalan sukses, Selasa (24/4). Pasangan calon (Paslon) nomor urut dua, yakni pasangan Bupati Depri Pontoh dan Wakil Bupati Amin Lasena (DP-AL), tampak menguasai proses debat. DP-AL mengeluarkan senjata pamungkasnya pada program visi dan misi, yakni program kartu IDEAL. Adapun, kartu tersebut, menurut merek, khusus untuk masyarakat kurang mampu dalam memperoleh akses pendidikan dan kesehatan.”Kartu IDEAL ini merupakan program dalam memantapkan percepatan pengentasan kemiskinan di daerah sesuai apa yang menjadi program nawacita Pemerintah Pusat. Adanya kartu IDEAL ini untuk mempermuda masyarakat kurang mampu dalam memperoleh akses pendidikan dan kesehatan,” ujar Depri Pontoh.

Lanjut Depri, secara teknis kartu ini hampir mirip dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), namun kartu sakti ini, akan lebih diperioritaskan kepada dua kriteria masyarakat kurang mampu, karena diakui masih banyak masyarakat yang masuk dalam kategori yang perlu mendapatkan sentuhan atau perhatian dari pemerintah, luput dari pendataan. “Makanya dalam kartu ini nomor induk kependudukan masyarakat yang masuk dalam golongan masyarakat kurang mampu akan dimasukkan. Ini juga akan turut membantu dalam mendata secara ril jumlah masyarakat kurang mampu dan butuh akan sentuhan perhatian pemerintah dalam mendapatkan akses pendidikan dan kesehatan,” pungkasanya.

Adanya terobosan dan inovasi dalam program kartu IDEAL tersebut ternyata mendapat apresiasi dan dukungan masyarakat. Menurut warga, program kartu IDEAL ini akan lebih memantapkan sinergisitas antara program Pemerintah Pusat, provinsi dan daerah dalam hal pengentasan kemiskinan. “Hebatnya lagi, lewat satu kartu ini masyarakat kirang mampu akan mendapat manfaat yang lebih baik itu dalam mendapatkan kemudahan pada bidang pendidikan dan kesehatan.”. Ungkap Hendro, salah satu warha Bolangitang. Dia berharap, pasangan DP-AL dapat terpilih sehingga program yang menjadi visi dan misi sesuai janji-janji pada kampanye saat ini dapat direalisasikan. “Mudah-mudahan lewat program paslon nomor urut dua ini akan kembali terpilih untuk memimpin Bolmut lima tahun mendatang,” harapnya. (irfani alhabsyi/cr)