32 Kantong Darah Dikumpulkan, Sembilan Pendonor Tidak Memenuhi Syarat

oleh -
Kegiatan Donor Darah FORWARD Sulut. (Istimewa)
Kegiatan Donor Darah FORWARD Sulut. (Istimewa)

MANADO- Bekerja sama dengan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulut, Forum Wartawan DPRD (FORWARD) Sulut berhasil kumpulkan 32 kantong darah, kegiatan sosial donor darah di Kantor Sekretariat DPRD Sulut, Senin (14/5/2018). Namun, ada Sembilan orang yang akan mendonorkan darahnya tapi tidak memenuhi syarat.

Ketua FORWARD Sulut Jerry Palohoon mengatakan, dari kegiatan sosial ini kami mendapatkan 32 kantong darah dari 41 pendonor karena ada sebanyak Sembilan pendonor tidak memenuhi syarat untuk diambil darahnya. “Bagi yang tidak memenuhi syarat kebanyakan HB tidak normal,” ujar Palohoon, saat kegiatan donor darah.

Lanjut dia, berterima-kasih kepada waratwan dan staf sekretariat DPRD Sulut yang begitu antusias mendonorkan darah. Paling tidak kegiatan hari ini akan memotivasi teman-teman wartawan dan ASN di Sekretariat DPRD Sulut  ikut mendonorkan darah.

“Terima-kasih kepada ketua DPRD bapak Andrei Angouw, Sekretaris DPRD Sulut Bartolomeus Mononutu, Kabag Umum Jackson Ruaw dan seluruh staf sekretariat yang telah mendukung dan ikut memfasilitasi kegiatan termasuk pemberian souvenir dari Ketua DPRD Sulut,” terang dia, didampingi Sekretaris FORWARD Sulut Robby Mononimbar, Bendahara Deasy Holung dan koordinator umum Rangga Wirya.

Sementara Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, melalui Kabag Umum Jackson Ruaw, memberi apresiasi atas program donor darah yang digagas Forward Sulut. Berharap kegiatan ini dilaksanakan rutin.

“Salut untuk inisiatif luar biasa dari teman-teman FORWARD Sulut. Kami dari pihak sekretariat siap memfasilitasi setiap kegiatan sosial yang dilaksanakan termasuk kegiatan donor darah hari ini. Mungkin ini bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali, karena ini baik jua bagi kesehatan kita,” ujar dia.

Pihak PMI melalui dr. Lawdie Lintang, menjelaskanm untuk persyaratan yang harus dipenuhi calon pendonor, yakni berat badan di atas 50 kg, usia di atas 17 tahun, wanita tidak sedang menstruasi, HB normal dan istirahat cukup.

“Donor doroh merupakan kegiatan sosial yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan orang lain juga baik untuk kesehatan pendonor. Sirkulasi darah lancar dan bisa mengatasi berbagai penyakit termasuk kolesterol,” ujar dr. Lintang didampingi tim medis PMI Julius Rogi, Rifky Kaweti dan Stanly Karamoy.

Adapun nama-nama yang mendonorkan darah yakni, Nixon Tanos, Olfi Kapojos, Leon Mandagie, Anita Rumambi, Kabag Ronny Geruh, Sofie Labesi, Steven Korengkeng, Jerly Mamentu, Andre Sumual, Danes Joseph, Novita Tatuwo, Royke Waney, Deasy Holung, Deki Sendouw, Kabag Jackson Ruaw, Zeit Weku, Michael Runtuwene, Indri Panigoro, Hanny Warokka, Michael Ransun, Tesalonika Ruaw, Rangga Wirya, Robby Mononimbar, Herdy Mawa, Valentino Warouw, Deksi Pontoh, Trisno Mais, Jerry Palohoon, Maisye Paat, Yustus Gumolili, Denny Sumolang dan Alva Kalalo. (valentino warouw/get)