Jaga Bisnis UMKM, Jamkrindo Jamin Lebih dari Rp100 Miliar KUR di Sulut

oleh
UMKM merupakan penggerak ekonomi daerah hingga nasional. Karena itu untuk menjaga asa, UMKM perlu mendapat jaminan kredit. (Istimewa)

MANADO—Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) telah menjamin lebih dari Rp100 miliar kredit usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) lewat kredit usaha rakyat (KUR) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Cabang Jamkrindo Manado, Maulana Febrino Poerba mengatakan, hingga Mei 2018 pihaknya terus melakukan penjaminan kredit UMKM lewat perbankan penyalur KUR yang dipercayakan pemerintah.

“Hingga bulan ini kami sudah menjamin lebih dari Rp100 miliar kredit yang disalurkan oleh bank penyalur kredit KUR,” jelas Poerba, Minggu, 27 Mei 2018.

Menurut dia, memberikan jaminan pada kredit UMKM merupakan bagian dari fungsi Jamkrindo. Pasalnya UMKM merupakan salah satu motor penggerak ekonomi di Sulut.

Hanya saja ada beberapa masalah yang dialami pelaku usaha diantaranya akses modal pada perbankan. “Kami adalah perusahaan kredit yang merupakan bagian dari badan usaha milik Negara (BUMN) yang membantu mengembangkan UMKM untuk mendapatkan modal dan pembiayaan meskipun mereka kurang memiliki jaminan,” ujarnya.

Selain memberikan jaminan, pihaknya juga dapat memfasilitasi pelaku UMKM lewat pelatihan kewirausahaan, bahkan dapat menjembatani dalam akses modal ke perbankan penyalur KUR di Sulut.

“Kami juga bisa memberikan pendampingan bagi UMKM, untuk urusan modal kami bisa bantu mempertemukan dan bank penyalur kredit,” ujarnya. (stn)