Pulihkan Ekonomi Warga Terdampak Bencana

oleh -12 Dilihat
BPBD Bolmong menggelar sosialisasi dan pelatihan pemulihan ekonomi warga pasca bencana bagi kelompok warga yang terdampak bencana di Desa Poyuyanan Kecamatan Passi Barat, kemarin.

BOLMONG – Sosialisasi dan pelatihan pemulihan ekonomi warga pasca bencana bagi kelompok warga yang terdampak bencana digelar Badan Penanggulangan Benacana Daerah (BPBD) Bolaang Mongondow (Bolmong) di Desa Poyuyanan Kecamatan Passi Barat, Selasa (26/6) kemarin.

Sosialisasi dan pelatihan digelar di desa tersebut sebab pada Januari 2015 silam, di desa itu terjadi bencana berupa pergerakan atau pergeseran struktur tanah yang berdampak kerusakan bangunan rumah milik warga. Sejumlah kelompok warga yang terdampak, dan pemerintah desa setempat hadir dalam kegiatan itu.

Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga mengatakan pelatihan pemulihan ekonomi ini terhadap warga yang terdampak agar warga terdampak bencana dapat memanfaatkan bantuan karena ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Bolmong dalam hal meningkatkan perekonomian masyarakat pada wilayah pascabencana. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pemberian bantuan peralatan pengolah selay nenas dan alat pendukung lainnya,” katanya.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Bolmong Ferdinan Pasambuna  menjelaskan bantuan ini semata-mata untuk kemanusiàan dengan sasaran dan tujuan memulihkan dan meningkatkan perekonomian masyàrakat yang terdampak bencana melalui pemberian sarana industri pengolah selay nenas dan alat pendukung lainnya. “Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi warga dengan harapan agar ekonomi warga yang terdampak musibah tersebut akan lebih meningkat,” ujarnya.

Kepala Desa Poyuyanan  Rustam Mokodompit memberikan apresiasi bantuan tersebut serta mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bolmong. “Langkah ini patut disyukuri karena dampak bencana adalah kerugian ekonomi karena terhambatnya kegiatan ekonomi,” katanya. (yokman muhaling)