Partisipasi Pilkada di Sulawesi Utara Lewati Target Nasional

oleh -17 Dilihat
Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh. (Istimewa)
Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh. (Istimewa)

MANADO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui jajarannya KPU di Kabupaten/kota yang melaksanakan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yakni, Minahasa, Mitra, Bolmut, Kotamobagu, Sitaro dan Talaud  melewati target nasional pada partisipasi di Pilkada.

“Untuk partisipasi Pilkada di Provinsi Sulut yang dilaksanakan di Minahasa, Mitra, Bolmut, Kotamobagu, Sitaro dan Talaud melewati target nasional dengan total presentase 85,3% dari target nasional 77,5%,” ujar Ketua KPU Provinsi Sulut Ardiles Mewoh, kepada SINDOMANADO.COM, Kamis (5/7/2018)

Menurut dia, partisipasi terbanyak yakni di Pilkada Bolmut dimana mencapai 89,25%, disusul  Pilkada Mitra 87,5%, kemudian di Pilkada Talaud 86,19% dan Pilakda Sitaro 86,7% serta di peringkat ke lima Pilkada Minahasa 81,69% dan terakhir di Pilkada Kota Kotamobagu 80,17%. “Capaian partisipasi di kabupaten/kota tersebut juga diatas target nasional yakni 77,5%,” terang dia.

Lanjut dia, sebagai Ketua KPU Provinsi Sulut mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi memberikan suara pada Pilkada. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pengawas pemilu yang terus mengawasi jalannya Pilkada dari tahapan awal hingga akhir.

“Terima kasih juga kepada 6 KPU Kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada yang sudah bekerja keras melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih sehingga partisipasi sangat tinggi,” ucap dia.

Dia menambahkan, tidak lupa juga KPU Provinsi Sulut berterima kasih kepada aparat keamanan TNI dan POLRI yakni, KODAM XIII/Merdeka dan jajaran serta Polda Sulut dan jajaran yang telah menjaga kemanan sehingga Pilkada berjalan sangat kondusif, sehingga masyarakat pemilih secara bebas menggunakan hak pilihnya.

Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito saat mengunjungi Kabupaten Mitra dan Kantor KPU Mitra. (Valentino Warouw)

“Juga terima kasih kepada seluruh Partai politik (Parpol) yang telah berpartisipasi mengusung dan mendukung pasangan calon masing-masing,” pungkas Komisioner KPU Sulut dua periode itu. (valentino warouw/get)