Sulawesi Utara Jadi Barometer Nasional di Pilkada Serentak 2018

oleh -24 Dilihat
Jhony Suak, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Kajian Strategis Optimistis. (ist)
Jhony Suak, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Kajian Strategis Optimistis. (ist)

MANADO- Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi barometer Pemilhan kepala daerah (Pilkada) secara nasional di Indonesia, pasalnya semua kabupaten/kota yang melaksanakan Pilakda yakni, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sitaro, Talaud dan Kota Kotamobagu peran partisipasi di atas target nasional dengan presentase 85,3% dari target nasional 77,5 %.

“Angka partisipasi pemilih dalam Pilkada 2018 di enam kabupaten/kota di Sulut lebih tinggi dibandingkan Pilkada 2017 lalu. Apalagi pada pilkada Tahun 2018 ini tidak ada satupun Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang melakukan pemungutan maupun penghitungan ulang,” ujar Jhony Suak, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Kajian Strategis Optimistis, kepada SINDOMANADO.COM, Jumat (6/7/2018)

Menurut dia, sehingga elemen dan indikator yang paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan pemilu pada pilkada 2018 di Sulut yang berlangsung demokratis aman dan damai ini karena  adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan pemilu, khususnya dalam hal pengawasan atau pemantauan proses pemilu.

“Peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam mengawasi atau memantau jalannya proses kontestasi demokrasi merupakan hal yang sangat penting sehingga Sulut dapat menjadi Barometer pelaksanaan Pilkada yg berkualitas dan berintegritas dari segi proses dan hasil pemilu,” ujar Suak, Mantan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut itu.

Lanjut dia, tingkat partisipasi pemilih di Pilkada serentak 2018 di Sulut yang tinggi dan keterlibatan dan partisipasi semua stakeholder pemilu. “Ini akan mencerminkan pelaksanaan Pemilihan legislative (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) di 2019 yang sukses aman lancar dan damai menuju Sulut Hebat Indonesia Hebat, semoga,” ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut, Ardiles Mewoh mengatakan, Untuk partisipasi Pilkada di Provinsi Sulut yang dilaksanakan di Minahasa, Mitra, Bolmut, Kotamobagu, Sitaro dan Talaud melewati target nasional dengan total presentase 85,3% dari target nasional 77,5%.

“Partisipasi terbanyak yakni di Pilkada Bolmut dimana mencapai 89,25%, disusul  Pilkada Mitra 87,5%, kemudian di Pilkada Talaud 86,19% dan Pilakda Sitaro 86,7% serta di peringkat ke lima Pilkada Minahasa 81,69% dan terakhir di Pilkada Kota Kotamobagu 80,17%. Capaian partisipasi di kabupaten/kota tersebut juga diatas target nasional yakni 77,5%,” pungkas dia. (valentino warouw/get)