DPS-HP Pemilu 2019 Meningkat

oleh -
Ilustrasi

KOTAMOBAGU – Setelah melalui proses perbaikan dan penambahan pemilih yang menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektonik (e-KTP). Minggu, (22/7) kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu melakukan pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP) Pemilu 2019. Hasil pleno tersebut, jumlah pemilih Kota Kotamobagu sebanyak 89.517 orang. “Angka tersebut setelah melalui proses perbaikan dan penambahan, termasuk dari pemilih yang menggunakan e-KTP saat Pilwako 27 Juni, kemarin,” kata Komisioner KPU yang membidangi perencanaan dan data, Asep Sabar.
Asep memaparkan, jumlah pemilih yang tercatat di DPS-HP hingga pleno sebanyak 89.517, dengan rincian 44.890 pemilih laki-laki dan pemilih perempuan sebanyak 44.527 orang. “Angka ini meningkat dari DPS sebelumnya yang hanya 87 ribuan,” paparnya.
Selain jumlah pemilih yang meningkat, lanjutnya Asep, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilu juga mengalami ketambahan dari 324 menjadi 326. “Ketambahan tersebut ada di Kelurahan Gogagoman yang memang memiliki pemilih terbanyak,” terangnya.
Sementara itu, Ketua KPU Kotamobagu Nova Tamon mengaku, pihaknya akan terus memperbaiki daftar pemilih sampai penetapan DPT yang akan dilakukan pada 15 hingga 21 Agustus 2018 mendatang. “Mumpung masih da waktu, diharapkan kepada semua pihak untuk mengecek nama dalam daftar pemilih,” pungkas Nova.(Novianti kansil)