Tingkatkan Perekomian,  Wullur Tekankan Tiga Hal Ini

oleh -
Akademisi Unsrat Manado Dr Magdalena Wullur saat memaparkan penilaiannya dalam diskusi FM KORAN SINDO MANADO yang membahas tentang Terobosan dalam Akselerasi Perekonomian Daerah.(Foto:Rivco Tololiu)
Akademisi Unsrat Manado Dr Magdalena Wullur saat memaparkan penilaiannya dalam diskusi FM KORAN SINDO MANADO yang membahas tentang Terobosan dalam Akselerasi Perekonomian Daerah.(Foto:Rivco Tololiu)
MANADO-Pengamat ekonomi Sulut, Dr Magdalena Wullur menilai pemerintah daerah (pemda) baik provinsi dan di kabupaten/kota  mesti memperhatikan tiga hal untuk meningkatkan perekonomian.
Tiga hal tersebut yakni investasi, Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur. Penting ini diperhatikan karena saling berkaitan satu dengan yang lain.
 
“Seperti investasi perlu ditunjang oleh SDM dan infrastruktur. Begitu juga sebaliknya,” kata Wullur saat menjadi narasumber di Forum Mingguan (FM) KORAN SINDO MANADO (KSM), Kamis (9/8/2018).
 
Diskusi yang mengangkat tema “Terobosan dalam Akselerasi Perekonomian Daerah”, menurutnya, mesti menjadi menjadi refrensi bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan yang tepat dan sesuai.
Dipaparkannya, seperti investasi yang harus diperhatikan soal pelayanan perizinan serta fasilitas yang bisa memberikan kemudahan bagi investor. Selanjutnya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga menjadi hal penting untuk dipersiapkan.
“SDM kita harus kuat, agar pekerja lokal mempunyai kompetensi. Kondisi sekarang kan pekerja kita masih belum bisa menyaingi umumnya kualitas pekerja dari luar daerah,” paparnya.
 
Akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) mengakui, kesiapan infrastruktur juga menjadi penentu peningkatan perekonomian, karena bisa membantu investor, sekaligus membuka jalur perekonomian masyarakat.
 
“Intinya juga, program baik Pemprov Sulut dan pemda di kabupaten/kota, harus saling konek dan mendukung,” paparnya.
 
Di sisi lain, ia berharap program-program pemerintah lewat APBD atau APBN, mesti memberikan kontribusi nyata yang efeknya dirasakan masyarakat terutama akselerasi lewat terobosan untuk peningkatan perekonomian.
 
“Kepala daerah juga harus tahu menempatkan pejabat yang sesuai keahliannya, supaya program-program pemerintah bisa berjalan maksimal sesuai harapan,” tandasnya.(ivo)