Antisipasi Penyakit, Hewan Qurban Minta Diperiksa

oleh -13 Dilihat
Hewan qurban sebelum disembeli saat Idul Adha harus diperiksa kesehatannya.
Hewan qurban sebelum disembeli saat Idul Adha harus diperiksa kesehatannya.(istimewa)

BOLMUT – Tinggal beberapa hari lagi, masyarakat muslim akan memperingati hari raya Idul Adha, atau hari raya Qurban. Dimana dalam simbol peringatan hari besar keagaman umat muslim tersebut, akan dilakukannya penyembelian hewan Qurban yang umumnya di Kabupaten Bolmut sendiri ialah hewan quran sapi atau kambing.

Namun, ditengah penantian masyarakat dalam menyambut hari yang mengisahkan ketaatan Nabi Ibrahim AS dan Anaknya Ismail AS terhadap perintah Allah SWT tersebut, masyarakat berharap agar Pemerintah Kabupaten Bolmut melalui instansi teknis terkait dapat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan-hewan yang akan dijadikan sebagai hewan qurban nanti. “Ini sebagai langkah pencegahan dan antisipasi terhadap adanya hewan qurban yang tidak sehat atau mengidap penyakit tertentu yang bisa berdampak buruk bagi manusia jika dikonsumsi dagingnya,” kata Herman salah satu warga Bolmut.

Demikian pula untuk keberadaan daging yang dijual di pasaran, agar dapat dilakukan pemeriksaan secara insentif oleh pihak-pihak terkait. Jangan sampai ada daging yang tidak terjamin kesehatan dan ke halalannya dijual bebas. “Daging yang dijual di pasar pun perlu untuk diperiksa. Ini sebagai upaya dalam menjamin konsumen dalam hal ini masyarakat sebagaimana yang diatur undang-undang tentang perlindungan konsumen,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolmut, Zulkan Pohontu dalam melakukan upaya pencegahan adanya hewan qurban yang tidak memenuhi kriteria dan persyaratan untuk dijadikan hewan qurban. Maka pihaknya pun melakukan peninjauan ke rumah potong hewan yang ada di beberapa wilayah di kabupaten setempat. “Pemeriksaan hewan ternak, khususnya yang ada di rumah potong hewan secara intensif kita lakukan. Hal ini guna mencegah adanya hewan potong yang tidak memenuhi syarat atau menderita penyakit tertentu.” Katanya.

Sementara untuk hewan qurban, pihaknya pun berharap agar masyarakat yang memiliki hewan dan hendak dijadikan sebagai hewan qurban agar dapat mengkoordinasikan dengan pihaknya agar dilakukan pemeriksaan dilapangan oleh timnya. “Kita selalu siap jika dibutuhkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan atas hewan ternak yang ingin dijadikan sebagai hewan qurban,” pungkasnya. (irfani Alhabsyi)