DKP Sulut Monitor Pendataan Kartu Kusuka

oleh -16 Dilihat
Sekretaris DKP Sulut Dr Haidy Malingkas
Sekretaris DKP Sulut Dr Haidy Malingkas.(Istimewa)
MANADO-Program Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mempunyai banyak manfaat positif, terlebih untuk nelayan, pembudidaya dan pengelola produksi perikanan.
Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut saat ini tengah memonitor pendataan Kartu Kusuka yang dilakukan para petugas penyuluh dan penyuluh perikanan bantu di kabupaten dan kota di Sulut.
“Pendataan saat ini sudah dilakukan yang datanya diisi dan langsung dikirim melalui aplikasi ke KKP,” kata Kepala DKP Ronald Sorongan melalui Sekretaris Dr Haidy Malingkas, Jumat (24/8).
Dia menjelaskan, Kartu Kusuka sebagai alternatif pengganti Kartu Nelayan saat ini yang berfungsi sebagai identitas diri dan juga perlindungan kerja. Menurutnya, Kartu Kusuka manfaatnya lebih daripada Kartu Nelayan.
“Karena selain berfungsi sebagai identitas diri dan asuransi, bermanfaat juga sebagai paket bantuan dan akses permodalan,” ungkapnya.
Malingkas menyebut, kartu ini menjadi multi fungsi dengan pendataan yang akurat dalam menunjang program satu informasi dari KKP. Kartu Kusuka memang bukan cuma untuk perorangan, tetapi kelompok dan organisasi.
“Jadi, fisik Kartu Kusuka nanti akan dikirim oleh KKP. Pendataan kartu ini dilakukan secara bertahap, misalnya data yang sudah ada akan diproses terlebih dahulu saat diinput melalui sistem aplikasi,” tandasnya. (ivo)