Dua Tambahan Anggota KPU Kabupaten/Kota di Seleksi Dari Peringkat 4-10 Nama Hasil Tes Akhir

oleh -
PKPU Nomor 27 Tahun 2018

MANADO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) resmi mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) nomor 27 Tahun 2018 tentang Perubahan kedua atas PKPU No. 7 Tahun 2018 Tentang Seleksi Anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota tertanggal 15 Agustus 2018 dan Didundangkan pada tanggal 20 Agustus 2018.

Berdasarkan BAB VI A Tentang Penambahan Anggota KPU Kabupaten/Kota dan Penggantian Antar Waktu Anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota, Pasal 34A ayat 2 (b) menerangkan bahwa, uji kelayakan dan kepatutan sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dilakukan terhadap 7 (tujuh) peringkat berikutnya hasil Seleksi yang telah dilakukan oleh tim seleksi.

Dan pada huruf (c) menerangkan, calon anggota KPU Kabupaten/Kota yang dilakukan uji dan kepatutan sebagaimana dimaksud dalam huruf b, merupakan calon anggota KPU Kabupaten/Kota peringkat berikutnya hasil Seleksi akhir, dan peringkat berikutnya hasil Seleksi wawancara, sepanjang masih memenuhi syarat sebagai calon anggota KPU Kabupaten/Kota.

Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi saat dikonfirmasi membenarkan adanya PKPU No 27 Tahun 2018.

Pun, Menurut Saelangi, untuk penambahan dua anggota KPU di Kabupaten/Kota diambil dari tujuh peringkat berikutnya hasil seleksi yang dilakukan tim seleksi. Kemudian mereka tersebut akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

“Jadi yang berhak dilakukan uji kelayakan dan kepatutuan dimana tujuh peringkat berikutnya, yakni hasil akhir peringkat 4-6 ditambah hasil sebelumnya 7-10,” terang dia.

“Intinya kami berdasarkan PKPU Nomor 27 Tahun 2018 tentang Perubahan kedua atas PKPU No. 7 Tahun 2018 Tentang Seleksi Anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota,” pungkas dia. (valentino warouw/rds)