Bansos Kube, Satu Kelompok Terima Rp20 Juta

oleh -
Kadis Sosial Fenggy Wurangian memberikan arahan sekaligus pembinaan bagi Kelompok usaha penerima bantuan KUBE. (FOTO: Istimewa)

RATAHAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bagi 40 kelompok usaha yang tersebar di wilayah Mitra.

Kepala Dinas Sosial Fenggy Wurangian mengungkapkan, dalam penyaluran ini, setiap kelompok usaha diberikan masing-masing bantuan sebesar Rp20 juta. Penyaluran ini dilakukan melalui rekening masing-masing kelompok.

“Jadi sudah kami salurkan dan satu kelompok Rp20 juta. Jadi kalau ada 40 kelompok, total keseluruhan yang kita salurkan ada Rp800 juta rupiah,” ujar Fenggy saat memberi pembinaan dan penyuluhan bagi para kelompok penerima.

Dia juga menjelaskan bahwa ini adalah bantuan Kementerian Sosial RI yang diperjuangkan lewat lobi Bupati James Sumendap. Tujuannya untuk memberdayakan kelompok masyarakat yang kurang mampu.

“Ini akan menjadi modal usaha awal bagi para kelompok. Harapannya agar pemberdayaan kelompok masyarakat ini bisa bisa memberikan dampak kesejahtraan bagi masyarakat termasuk output-nya menunjang perekonomian daerah lewat kelompok masyarakat ini,” ujarnya.

Fenggy juga menjelaskan jika bantuan ini juga merupakan salah satu komitmen bupati dalam pengentasan kemiskinan di kabupaten Mitra. Ini juga sejalan dengan program pemerintah provinsi lewat gerakan Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK) dan juga program presiden Jokowi.

“Jadi ini program sinergitas. Lepas dari hal itu juga kami sangat berharap agar dengan bantuan stimulan ini bisa merangsang masyarakat untuk lebih berusaha,” harap Fenggy.

Sementara, Bupati James Sumendap melalui juru bicara Pemkab Mitra Frangky Wowor mengungkapkan, jika dalam penyaluran bantuan ini harus disertai pengawasan dan pembinaan.

Hal tersebut bertujuan agar bantuan tersebut tepat sasaran dan bermanfaat.

“Yang namanya Bansos harus diawasi penyalurannya. Termasuk teman teman pers ikut serta mengawasi agar tujuan dari Bansos ini bisa terealisasi sebagaimana yang diharapkan,” tukasnya.

Wowor menambahkan jika pemerintah juga punya Bansos lainnya yang sudah dan akan disalurkan pasca Pilkada. Sebab sebelumnya beberapa Bansos harus dipending disaat agenda Pilkada. (KORAN SINDO MANADO/Marvel Pandaleke)