Bupati Evaluasi Kinerja OPD

oleh -
Istimewa

BOLMONG—Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow memimpin rapat monitoring dan evaluasi program kegiatan perangkat daerah di lingkup Pemkab Bolmong, Senin, (15/10). Yasti mengatakan untuk efektifitas dan efisensi anggaran kepala perangkat daerah dituntut untuk mengutamakan program skala prioritas daerah.

“Di mana dalam setiap merumuskan perencanaan program pemerintahan dan sosial kemasyarakatan harus merujuk pada enam pedoman layanan dasar sehingga target capaiannya dapat terukur sesuai dengan rencana kerja dan bermanfaat kepada masyarakat,” katanya.

Ia menyampaikan dalam rapat evaluasi tersebut para kepala perangkat daerah diminta untuk mempresentasikan capaian realisasi anggaran yang telah dicapai.

Rapat evaluasi ini juga membahas tentang proyeksi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun anggaran 2019 mendatang. Di mana, perangkat daerah dituntut untuk terus berinovasi dalam menciptakan sumber-sumber pendapatan asli daerah. Selain itu juga untuk efektifitas anggaran di tahun 2019 akan diadakan efisiensi angggaran perjalanan dinas setiap perangkat daerah sejumlah 50 persen.

Hal ini dilakukan agar dapat terjadi perimbangan antara pengeluaran anggaran, PAD. Di mana, efesiensi ini dilakukan sebagai dasar untuk menaikan tunjangan tambahan penghasilan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Bolmong,” ujarnya.

Dalam Rapat monitoring dan evaluasi itu juga Yasti secara langsung meminta pimpinan perangkat daerah untuk mempresentasikan hasil yang telah dicapai masing-masing instansi.(yokman muhaling)