Kualitas Air Tiga Sunggai Menunggu Hasil WLN

oleh
Sjukri Tawil Kepala DLH Boltim

BOLTIM— Kualitas air di tiga sungai tinggal menunggu hasil uji coba laboratorium Water Laboratory Nusantara (WLN) Indonesia di Manado.

Tiga sungaidiambil sampel masing-masing, Sungai Buyat, Motongkad dan Sungai Nuangan. “Paling lambat dua minggu setelah diserahkan ke laboratorium. Setelah tiga sampel sungai  dikirim ke laboratorium WLN,” kata Kepala Bidang Persampahan Limba B3 dan Pengendalian Pencemaran, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boltim Reza Pahlevi, kamarin.

Ia mengaku, hasil sampel air diketahui paling lambat dua minggu setelah diserahkan ke laboratorium. “Sampel tiga sungai sudah dikirim ke laboratorium WLN,” akunya, kemarin.

Lanjutnya, setelah hasil dari Laboratorium WLN keluar, DLH kembali menguji kualitas air sungai. “Kita uji lagi apakah air sungai tercemar atau tidak,” katanya.

Terpisah, Kepala DLH Boltim Sjukri Tawil mengatakan, tiga sungai sudah dicek dengan mengambil sampel masing-masing, ditiga titik yakni hulu, tengah dan hilir. “Kami berharap hasilnya masih di bawah ambang batas. Artinya masih bisa dikomsumsi masyarakat Boltim” harapnya.(pasra mamonto)