Kementan Sebar 400.000 Bibit Kelapa Unggul di Sulut

oleh -
Sulut mendapatkan kuota 400.000 bibit kelapa unggul dari Kementerian Pertanian. Tampak Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian  Muhammad Syakir dalam pembukaan Konferensi Nasional Kelapa IX (KNK IX) & International Coconut Conference dan Expo di Manado, 16/11/2018.

MANADO—Kementerian Pertanian Republik Indonesia menyalurkan bibit kelapa unggul untuk Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebanyak 400.000 buah.

Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian  Muhammad Syakir mengatakan, pihaknya terus memperbanyak sebaran varietas kelapa unggul secara nasional, termasuk di Sulut.

“Lewat Balit Palma Sulut mendapatkan kuota 400.000 bibit kelapa unggul. Bibit ini diberikan secara gratis bagi masyarakat,” jelas Syakir dalam pembukaan Konferensi Nasional Kelapa IX (KNK IX) & International Coconut Conference dan Expo di Manado, 16/11/2018.

Menurut dia, pemberian bibit gratis ini tidak hanya dari Balit Palma yang berlokasi di Sulut, tetapi bantuan bibit gratis juga diberikan lewat Dirjen perkebunan yang juga melakukan perbanyakan kelapa.

Varietas kelapa unggul nasional itu telah bersertifikat merupakan varietas unggul lokal. Kelebihannya, kata dia, nantinya bibit unggul ini berpotensi menghasilkan kopra lebih dari tiga ton per hektar per tahun, melebihi produksi kelapa nasional yang hanya 1.1 ton.

“Kementerian Pertanian terus memperbanyak bibit kelapa. Benih unggul ini dibeli oleh pemerintah dan dibagikan gratis ke petani,” ujarnya.

Secara nasional kata dia, jumlah bibit yang disebarkan ke petani sudah mencapai 1,9 juta batang. (stenly sajow)