Menara dan Reklame Ilegal Kepung Manado

oleh
Tampak salah satu menara telekomunikasi yang berada di Kota Manado.

MANADO — Kinerja pemerintah dalam pengawasan serta penindakan menuai sorotan legislator DPRD Manado Hengky Kawalo. Salah satunya, terkait keberadaan tower atau menara telekomunikasi serta papan reklame yang disinyalir dibangun tanpa izin di kota ini.

“Di Manado ada ratusan tower yang dibangun. Tapi coba dicek izinnya. Saya pastikan banyak izin yang sudah kedaluarsa. Bahkan, saya menduga ada beberapa tower yang memang dibangun tanpa izin,” sindir politikus PDIP itu.

Secara lantang, Kawalo menyebut kondisi tersebut memberi tanda bila fungsi pengawasan serta penindakan yang dijalankan pemerintah sangat lemah. “Sekarang Manado dikepung tower yang akhirnya mengganggu estetika kota. Ada juga tower yang usianya sudah belasan atau puluhan tahun yang kondisinya kini membahayakan masyarakat. Pemerintah harus jeli melihat kondisi ini,” tegasnya.

Selain tower, Sekretaris Komisi A menduga banyak sekali titik reklame yang dibangun tanpa izin. “Saya pastikan banyak titik reklame ilegal di Manado. Papan reklame dibangun tanpa izin namun lepas dari perhatian. Pemerintah harusnya lebih cerdas dalam melakukan pengawasan serta penindakan. Kalau dibiarkan, ini akan berimbas pada sektor penerimaan PAD. Harusnya ada peningkatan dari tahun ke tahun, baik dari pajak tower maupun pajak reklame,” tukas Kawalo. (KORAN SINDO MANADO/Kimgerry)