Uji Kemampuan, 762 CPNS Pemprov Sulut Ikut SKB

oleh
BKN mewajibkan peserta melakukan face recognition (pengenalan wajah) saat SKD CPNS mendatang. (FOTO: Istimewa)

MANADO-Sekira 762 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Sulut mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Hoten Sutan Raja, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Minggu (9/12).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut, Femmy Suluh mengatakan, berbeda dengan tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), setiap CPNS tidak akan mendapat soal ujian yang sama. Soal ujian yang didapatkan menyesuaikan formasi atau jabatan yang dilamar.

“Soal yang diterima memang lebih spesifik soal bidang masing-masing. Jadi, setiap peserta memang harus memahami betul fungsi dan tugasnya di bidang yang dilamar,” kata Femmy.

Dia menerangkan, pelaksanaan tes SKB CPNS ini hanya diikuti oleh peserta yang lolos passing grade di tes SKD yang diikuti 2.589 peserta di Kantor Regional XI BKN Manado, pada Oktober hingga November 2018 lalu.

“Bahwa secara ringkas dapat dikatakan bahwa peserta SKB kelompok pertama yang dinyatakan lulus SKD berjumlah 24 orang atau 0,94% dari total peserta SKD,” ungkapnya.

Lanjut Femmy, peserta SKB kelompok kedua yang dinyatakan lulus SKD berjumlah 738 orang atau 28,97% dari total peserta SKD, total peserta seleksi yang akan mengikuti SKB berjumlah 762 orang atau 29,91% dari total peserta SKD.

“Para peserta SKD ini sudah mewakili semua bidang yang dilamar. Nanti, akan diberitahukan hasilnya siapa yang mempunyai nilai terbaik tahapan SKD ini,” singkatnya.

Sebelum itu, Sekprov Edwin Silangen menuturkan, proses pendaftaran hingga tes CPNS di Pemprov Sulut murni tidak ada titipan dan sebagainya. Proses CPNS ini berjalan sebagaimana semestinya sesuai dengan aturan.

“Kan sangat transparan seleksinya. Kita juga berharap, jika nantinya para peserta ini bisa lulus dengan hasil yang baik untuk menempati semua formasi CPNS yang dibuka Pemprov Sulut,” tukasnya.(ivo)