Melihat Kebersamaan Ibadah Pra Natal JIPS

oleh
Tampak suasana ibadah Pra Natal JIPS yang dihadiri langsung Wakil Gubernur Steven Kandouw beserta jajaran. (ist)

MANADO-Segala perbedaan terlihat melebur dalam ibadah Pra Natal Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS). Agenda rutin tahunan ini, menjadi perekat kebersamaan antar insan pers beragama kristen dan muslim yang digelar di lobi Kantor Gubernur Sulut, Rabu (19/12).

Ibadah Pra Natal JIPS tersebut terlihat menarik, karena wartawan yang beragama muslim seperti biasa menjadi penanggung jawab atau panitia dalam ibadah Pra Natal. Pun saat Idul Fitri tiba, wartawan kristen yang menjadi motor dalam menyukseskan kegiatan rohani muslim tersebut. Kebersamaan ini telah melekat dan terpelihara di kalangan wartawan yang pos liputan di Pemprov Sulut.

Wagub Kandouw yang ikut hadir mengapresiasi peranan JIPS dalam menciptakan suasana masyarakat Sulut yang rukun dan damai.

“Atas nama Bapak Gubernur, saya mengapresiasi JIPS yang selalu membantu Pemprov Sulut menciptakan kedamaian. Anda mempunyai profesi yang luar biasa untuk rakyat Sulut,” puji Kandouw.

Lanjut dia, melalui ibadah menyambut Natal ini, ia berharap JIPS selalu memberitakan yang benar. Dan kiranya Tuhan selalu memberikan hikmat dan kebijaksanaan kepada JIPS. Kandouw juga mengibaratkan peranan para jurnalis yang tergabung dalam JIPS sebagai pena yang dapat menulis apapun, namun JIPS mampu menggunakan pena tersebut dengan tepat.

“Sampai sejauh ini pena JIPS berada di orang yang benar,” akunya.

Sebelumnya, Koordinator JIPS, Rolf Lumintang mengatakan, perayaan Pra Natal JIPS merupakan wujud toleransi antar umat bergama di Sulut.

Untuk diketahui, perayaan Pra Natal JIPS ini terbilang istimewa dan mencerminkan kerukunan antar umat beragama. Pasalnya yang menjadi panitianya adalah para wartawan Muslim.

“Sesuai tema perayaan Pra Natal, yaitu kasih menembus perbedaan. Ini yang selalu kami gaungkan. Biarlah Indonesia bisa melihat ini sebagai wujud kemajemukan dan toleransi di Sulut. Sulut adalah nomor satu daerah paling toleran di Indonesia,” ucap Lumintang.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Pra Natal, Irvan Sembeng dalam sambutannya mengaku bangga, terharu sekaligus gembira bersama para wartawan Muslim lainnya dapat membantu terselenggaranya perayaan Pra Natal. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wagub Kandouw yang selalu mendukung setiap kegiatan JIPS termasuk perayaan Pra Natal ini.

“Kegiatan ini terlaksana juga karena dukungan Pemprov Sulut khususnya Gubernur dan Wagub yang selalu membantu kami. Kegiatan ini selalu rutin dilaksanakan dan yang menjadi panitia adalah wartawan Muslim. Begitu juga saat perayaan Idul Fitri, yang menjadi panitia adalah wartawan Kristen,” ungkap Sembeng.

Adapun pada ibadah Pra Natal yang dipimpin Pdt Jeffry Saisab mengutip Firman Tuhan Lukas 2:14, yaitu “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

Perayaan Pra Natal ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan natura oleh Wagub Kandouw dan JIPS kepada para cleaning service di Kantor Gubernur. Selain itu JIPS juga telah memberikan bantuan kepada dua panti asuhan di Sulut.

Perayaan Pra Natal itu turut dihadiri Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong, Kepala Biro Umum dan Protokol Clay June Dondokambey dan Kepala Biro Perekonomian dan SDA Frangky Manumpil dan Kabag Humas Christian Iroth. (rivco)