Korban Tsunami Selat Sunda Dikabarkan Banyak Hanyut ke Tengah Laut

oleh -
Tim SAR gabungan membawa kantong jenazah korban tsunami Selat Sunda di Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Selasa (25/12/2018). Foto/SINDOnews/Eko Purwanto

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan tim gabungan terus melakukan evakuasi dan pencarian korban bencana tsunami Selat Sunda.

Operasi pencarian korban tsunami, salah satu caranya dengan menyusuri laut.”Karena ada sejumlah korban yang juga hanyut ke tengah laut pascatsunami. Operasi di laut juga dilakukan TNI AL,” tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat menggelar jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (25/12/2018).

Berdasarkan hasil operasi yang dilakukan dengan menggunakan KRI Teluk Cirebon 543, petugas menemukan korban berada di perairan beberapa pulau di sekitar Selat Sunda.

“Kami baru saja menerima informasi, KRI Teluk Cirebon 543 berhasil menemukan jenazah di perairan Pulau Uam, kemudian dua jenazah juga ditemukan di Pulau Dadul dan Pulau Bandeuleng,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pencarian dilakukan, baik dari pantauan udara, laut maupun darat. Saat ini petugas kesulitan melakukan pencarian dari darat karena kondisi jalan yang rusak akibat tsunami.Untuk mengatasi itu, kata Sutopo, BNPB membutuhkan alat berat untuk membantu proses evakuasi korban.

“Operasi pencarian korban, baik melalui udara, menggunakan kapal KRI, juga melakukan jalur darat yang masih terhambat sehingga dibutuhkan alat-alat berat,” tuturnya. (sindonews.com/valentino warouw)

Telah tayang di www.sindonews.com dengan judul: Banyak Korban Tsunami Selat Sunda Hanyut ke Tengah Laut