Pagar Pengaman Jalur Gunung Potong Mulai Dibangun

oleh -
Tampak sejumlah pekerja saat membangun pagar pengaman jalan di jalur Gunung Potong, Mitra. (Marvel Pandaleke)
RATAHAN-Pagar pengaman lalulintas (guard rail) dijalan trans nasional tepatnya dikawasan Gunung Potong Desa Pangu, Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), tampak mulai dibangun.
Hal ini menyusul maraknya kasus kecelakaan lalulintas dijalur tersebut. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mitra melalui Kepala Bidang Darat Cretz Benda menuturkan, fasilitas tersebut merupakan proyek dari Kementrian Perhubungan yang diperoleh lewat lobi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Mitra sejak tahun 2018.
“Jadi sekarang sudah dibangun sebagai pengaman dikawasan gunung potong. Jalan tersebut adalah jalan Nasional, makanya menjadi kewenangan kementrian lewat Balai Pengelola Transportasi Darat,” ujar Benda, Kamis (3/1/2019).
Selain pagar pengaman, dia juga memastikan jika proyek tersebut merupakan satu paket dengan pengadaan marka jalan dan juga road stud atau paku jalan. Tujuannya adalah sebagai pemandu lalulintas khususnya dijalur transportasi rawan.
“Nah kalau untuk road stud atau paku jalan, kita tinggal menunggu sebab itu sudah satu paket,” sebutnya.
Dengan adanya pengadaan proyek tersebut, pihaknya berharap bisa meminimalisir kecelakaan sekaligus mengurangi resiko apabila terjadi kecelakaan.
“Akan tetapi, meski sudah ada fasilitas tersebut, kami tetap meminta para pengendara untuk berhati hati sekaligus patuh pada rambu rambu lalulintas yang ada. Ini untuk keslamatan dan kenyamanan bersama,” harapnya.
Diketahui, jalan trans nasional dikawasan Gunung Potong menjadi salah satu lokasi rawan dengan kondisi turunan dan tikungan tajam. Pada sisi kiri juga didominasi tebing dan jurang berbahaya.
Dari data satu bulan terakhir, tercatat dua kendaraan mengalami kecelakaan terjun ke jurang sedalam 30 meter.
Bobi Kawuwung, salah satu warga setempat mengungkapkan jika usulan pengadaan pagar pembatas hingga penambahan rambu rambu lalulintas dikawasan tersebut, sudah disampaikan sejak lama. Dia bersyukur ketika kemudian, apa yang diharapkan warga khususnya pengendara, sudah direalisasikan.
‘Iya, kami lihat juga sudah sementara dibangun. Ini akan sangat membantu keslamatan pengendara,” tukasnya. (marvel pandaleke)