Rotasi Jabatan Disiapkan, Pejabat Kabupaten/Kota Berpeluang Terakomodir

oleh -
Sekprov Sulut Edwin Silangen (Ist)
MANADO-Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw mulai menyiapkan rotasi jabatan di awal 2019. Rotasi jabatan ini akan menyasar pejabat eselon II, III dan IV.
Sekprov Sulut Edwin mengatakan pihaknya memang sedang menyiapkan mutasi jabatan yang kemungkinan akan dilakukan dalam waktu dekat.
“Ada pengukuhan OPD baru dulu. Setelah itu akan dilakukan mutasi jabatan. Setiap jabatan yang kosong akan dilakukan lelang jabatan (open bidding),” kata Silangen, Jumat (4/1/2019).
Dia menerangkan, jabatan yang hanya bergeser mekanismenya dilakukan job fit. Silangen pun mengakui tidak menutup kemungkinan ada banyak pejabat yang akan dipromosi serta pejabat dari kabupaten dan kota yang akan terakomodir.
“Tunggu saja kepastiannya. Yang pasti pihak kami sedang menyiapkan mutasi jabatan ini dengan mengkoordinasikan bersama pimpinan,” tukasnya.
Pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka mengatakan, rotasi jabatan di lingkungan Pemprov Sulut memang sudah sewajarnya dilakukan sesuai hasil evaluasi dari pimpinan. Penting ini dilakukan untuk memantapkan roda pemerintahan dalam merealisasi semua program kerja.
“Terutama melihat kinerja pejabat di masing-masing perangkat daerah yang dinilain lamban menerjemahkan visi dan misi gubernur dan wakil gubernur,” ungkap Taufik. (rivco)