Pemprov Dorong Kabupaten/Kota Buat Roadmap Terkait Kasus DBD

oleh -
Dinkesda Sulut memaparkan pentingnya pembuatan roadmap saat pertemuan bersama dinas kesehatan di 15 kabupaten/kota. (Rivco Tololiu)
MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) mendorong kabupaten/kota untuk membuat roadmap terkait kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).
Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo mengatakan, roadmap atau pemetaan wilayah kasus DBD akan menjadi satu wadah evaluasi sekaligus bermanfaat untuk melihat perkembangan kasus.
“Lewat rapat bersama dinas kesehatan di kabupaten/kota, seluruh rumah sakit, organisasi profesi dan para pakar serta stakeholder terkait, kita telah membicarakannya bersama,” kata Kalalo, Jumat (11/1/2019).
Lanjut dia, pertemuan tersebut juga kita arahkan agar dinas kesehatan di kabupaten dan kota untuk giat mensosialisasikan pentingnya kebersihan lingkungan, serta upaya 3M Plus dalam menangkal penyebaran DBD di wilayah masing-masing.
“Ini butuh perhatian dan kerja keras bersama. Apalagi musim hujan diprediksi masih akan berlangsung ke depan. Intinya, kebersihan lingkungan menjadi salah satu tindakan bermanfaat mencegah DBD,” tukasnya.
Kabid Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut, dr Steaven Dandel menjelaskan roadmap sangat penting untuk daerah agar dapat menjadi wadah evaluasi terhadap perkembangan DBD.
“Lewat roadmap kita dapat memetakan wilayah potensi dan juga trend peningkatan DBD di satu wilayah. Roadmap juga dapat menjadi dasar untuk mengambil tindakan tertentu dalam penanggulangan DBD,” tandas Dandel diiyakan Kabid Promkes dr Rima Lolong. (rivco)