Kapal USNS Brunswick Tiba di Bitung, Tindak Lanjut Latihan Tempur Amerika-Indonesia di Sulut

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouwsaat berada di atas Kapal Militer USNS Runswick. (Istimewa)

MANADO- Latihan tempur besar-besaran melibatkan tentara Amerika dan Indonesia akan digelar di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini ditindaklanjuti dengan berlabuhnya kapal militer USNS Runswick (T.EPF-6) di Pelabuhan Bitung, Senin (14/1/2019).

Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Wakil Wali Kota Bitung, Mourits Mantiri dan sejumlah pejabat eselon II Pemprov Sulut, menyambut para kapten dan awak Kapal USNS Brunswick yang mengangkut pasukan serta logistik militer. Kapal tersebut hanya mengunjungi Sulut karena dinilai sebagai daerah yang aman di Indonesia.

Kandouw bersama rombongan kesempatan itu diajak melihat kondisi kapal yang didampingi langsung Commander Greg Adams U.S Naval Attache to Indonesia dan Captain Adam Streeper.

“Ini suatu kehormatan bagi Provinsi Sulut. Ini menandakan Sulut khususnya Bitung merupakan salah satu pelabuhan yang aman,” kata Kandouw.

Lanjut dia, kunjungan kapal militer dari Amerika tersebut menunjukan kondusifnya wilayah di Sulut kepada dunia internasional. Menurutnya, ini merupakan kehormatan karena daerah ini menjadi salah satu tempat yang dipilih oleh Kapal USNS Brunswick untuk berlabuh.

“Pertemuan ini tentunya salah satu hal yang dibahas khusus yakni rencana latihan tempur antara tentara Amerika dan Indonesia yang akan berlangsung di Sulut,” jelasnya.

Kandouw menjelaskan, kunjungan kapal militer AS tersebut sama sekali hanya wujud silahturahmi bersama pemerintah daerah (pemda), dan bukan karena ada wilayah yang sedang memanas. Dijelaskannya, kapal tersebut hanya memuat sekira 27 awak yang berangkat langsung dari Singapura.

“Ini murni kunjungan biasa. Dan yang ada pembicaraan kerja sama, seperti latihan tempur. Tidak ada wilayah yang memanas,” bebernya.

Dia menuturkan, kunjungan ini sebagai tindaklanjut upaya kerja sama dengan menggelar latihan militer yang akan berlangsung Mei 2019 mendatang.

“Latihan bersama diadakan di sini sudah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut. Latar belakangnya karena dianggap Sulut daerah yang kondusif, masyarakatnya aman. Dan secara khusus warga Negara Amerika mereka berada di sini merasa nyaman, tidak ada yang mengganggu,” tutur Kandouw.

Dalam kunjungan, Wagub Kandouw dan rombongan diantar langsung oleh Captain Adam Streeper untuk melihat langsung ruang kemudi dari USNS Brunswick , tempat pendaratan Helikopter, ruang makan dan fasilitas lainnya dari kapal tersebut dalam kesempatan tersebut dilakukan juga pertukaran cendramata.

Adapun pertemuan di USNS Brunswick turut dihadiri Danlantamal Vll Kolonel Laut (P) Yarli Dipura didampingi Asintel Danlantamal VIII Kolonel Laut (E) Arnoldus Triono, Asisten I Pemprov Sulut Edison Humiang, Kepala Satpol PP Steven Liow dan Kepala Kesbangpol Mecky Onibala. (Rivco Tololiu)