Menteri Basuki dan Gubernur Olly Bahas Progres Pembangunan Daerah

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Kadis PUPR Sulut, Steve Kepel saat bertemu Menteri PUPR di ruang kerjanya. (Istimewa)

MANADO-Gubernur Olly Dondokambey bertemu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di ruang kerjanya, kemarin. Pertemuan tersebut membahas tentang progres pembangunan Sulut lewat sejumlah proyek strategis nasional dan daerah yang sedang berjalan.

Menurut Olly, pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung dan rumah susun di Kota Tomohon dan Universitas Sam Ratulangi bakal diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Maret 2019. Selain itu, Olly menerangkan rencana percepatan pembangunan Jalan Ringroad Tiga Winangun-Kalasey, jalan Bandara- Likupang untuk menunjang kawasan pariwisata Likupang, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Ilo Ilo, Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Selain itu, kata Olly, turut dibahas juga fungsi Danau Tondano sebagai reservoir alam untuk wilayah Minahasa dan Manado, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), serta penyedia air minum dan pembersihan eceng gondok.

Dengan demikian, peluang investasi baru akan terbuka dan pembangunan infrastruktur bakal berdampak pada pertumbuhan ekonomi Sulut,” ungkap Olly, melalui rilis berita, Selasa (15/1/2019).

Lanjut dia, terbukti di tahun 2018, lewat masuknya berbagai proyek tersebut, Pemprov Sulut mampu mengukir berbagai capaian pembangunan, antara lain pertumbuhan ekonomi pada triwulan III sebesar 5,66%, lebih tinggi dari capaian nasional 5,17%.

Selain itu, angka kemiskinan dapat ditekan dan berada pada posisi 7,59% dari sebelumnya 8,98%, dan angka pengangguran juga mampu ditekan hingga 6,86%, dari sebelumnya 7,18% di 2017. Begitu juga di sektor pariwisata, jumlah kunjungan wisawatan mancanegara selang bulan Januari hingga Desember 2018 telah melampaui angka 110.000, sedangkan untuk wisatawan domestik mencapai 2,6 juta.

Karenanya, untuk meningkatkan terus kemajuan pembangunan ini, orang nomor satu di bumi nyiur melambai itu mengajak semua pihak untuk selalu mendukung pelaksanaan program pembangunan Sulut pada tahun 2019 ini,” tukas Olly yang saat itu didampingi Kadis PUPR Sulut, Steve Kepel.

Pengamat ekonomi Sulut Magdalena Wullur sebelumnya berpendapat, percepatan pembangunan menjadi satu jaminan berarti dalam peningkatan perekonomian daerah yang mensejahterakan masyarakat.

Jika ingin ekonomi maju, kita harus perkuat dulu infrastruktur sebagai penunjang utamanya. Berlahan namun pasti, kita yakini ekonomi daerah ini akan bisa tumbuh positif dengan masuknya sejumlah proyek strategis nasional yang ditunjang proyek strategis daerah saat ini,” ungkapnya. (Rivco Tololiu)