Maknai HGN ke 59, Dinkesda Sulut Gelar Kegiatan Positif

oleh -
Tampak pelaksanaan kegiatan memperingati HGN ke 59 di halaman Kantor Dineksda Sulut yang dipandu langsung Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo. (ist)

MANADO-Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar sejumlah kegiatan positif dalam memaknai Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 di halaman kantor Dinkesda Sulut, Jumat (25/1/2019).

Semua pejabat baik eselon II dan III serta para staf dan Tenaga Harian Lepas (THL) Dinkesda Sulut ikut terlibat di dalam kegiatan yang mengambil tema ‘Membangu Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi’ dengan slogan ‘Gizi Seimbang Prestasi Gemilang’.

Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo mengatakan, arah pembangunan kesehatan saat ini ditiik beratkan pada upaya promotif dan preventif yang dinilai dapat memberikan dampak kesehatan yang lebih luas dan lebih efisien dari sisi ekonomi.

Memaknai HGN ke-59, pembangunan kesehatan berkelanjutan mutlak dilakukan, dimana salah satu komponen utamanya adalah melalui perbaikan gizi masyarakat,” kata Kalalo.

Di hadapan jajaran, Kalalo memaparkan soal stunting dan permasalahan gizi lainnya yang menjadi ancaman besar bagi negara. Menurutnya, mengatasi persoalan tersebut perlu dilakukan upaya bersama berbaga pemangku kepentingan agar terus dilakuan sesuai peran dan fungsinya masing-masing.

Pastinya, moment HGN ke-59, dapat mendorong semangat dan upaya bersama untuk memaksimalkan program pembangunan kesehatan dalam menunjang program pemerintah pusat dan Pemprov Sulut, untuk menjadikan masyarakat sehat,” tuturnya.

Diakhir sambutan, Kalalo berharap peringatan HKN ke-59 dapat meningkatkan komitmen dan mempererat kolaborasi seluruh elemen lintas program dan lintas sektor untuk bekerja bersama membangun gizi dalam mencegah stunting demi bangsa Indonesia dan Sulawesi Utara yang sehat dan berkualitas.

Adapun kegiatan yang dilakukan yakni senam sehat dan juga edukasi soal gizi. Pun kegiatan ini akan berlanjut Jumat (1/2/2019) mendatang dengan agenda Pengukuran BB, TB dan Lingkar Perut, Konseling Gizi, Wisuda Asi Eksklusif di halaman Kantor Dinkesda Sulut. Kemudian, Jumat (8/2/2019) dilakukan kegiatan penyuluhan dan bagi brosur di kawasan Zero Point Manado. (rivco tololiu)