Pemprov Bantu Korban Bencana Erupsi Gunung Karangetan di Sitaro

oleh -
Tampak, Sekprov Edwin Silangen saat memberikan bantuan yang terkumpul di posko bencana Pemprov Sulut. (ist)

MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menaruh perhatian terhadap para korban bencana erupsi Gunung Karangetan di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Berbagai bantuan dikirim untuk disalurkan ke masyarakat yang saat ini sedang mengungsi, Senin (4/2/2019).

Juru bicara Pemprov Sulut, Christian Iroth mengatakan, bantuan logistik yang diberikan terkumpul dari 44 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulut, BUMN, perbankan, pelaku usaha dan pribadi. Bantuan tersebut terdiri dari makanan, minuman, biskuit, pakaian, mie instan, gula, beras, ikan kaleng dan lainnya.

Bantuan ini tersalur di Manado dan Sitaro. Ini merupakan perhatian Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk para korban bencana alam di Provinsi Sulut,” ungkap Iroth.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut, Joi Oroh menjelaskan, terkait bencana banjir dan longsor di Manado dan erupsi Gunung Karangetan di Sitaro, pihaknya terus berkoordinasi upaya penanganan bersama BPBD dan stakeholder di wilayah setempat.

Kalau untuk Manado, pemulihan terus dilakukan. Ada tim yang stan by di lapangan bersama BPBD Manado. Kemudian di Sitaro, kita koordinasi masyarakat yang menjadi korban erupsi telah diungsikan ke tempat yang aman,” tuturnya.

Oroh menuturkan, BPBD di kabupaten dan kota jika menemui kendala terkait penanganan bencana awal di wilayah masing-masing, bisa berkoordinasi bersama BPBD provinsi agar penanganan bisa lebih maksimal.

Antisipasi dan tindakan awal memang sangat menentukan, terutama melakukan evakuasi masyarakat terdampak bencana. Ini yang sangat penting untuk meningkatkan koordinasi secara bersama,” tandas Oroh. (rivco tololiu)