Sulut Tuan Rumah OSN 2019, Sekolah Harus Mampu Berkompetisi

oleh -
Tampak, Kepala Dikda Sulut Grace Punuh saat berbincang bersama Dirops KSM/SINDOMANADO.COM Gladys Runtukahu, Sekretaris Perusahaan, Felicia Torindatu, dan Reporter Ilona Piri. (Rivco Tololiu)

MANADO-Sulawesi Utara (Sulut) akan menjadi tuan rumah Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019. Olimpiade ini akan dilaksanakan dari tanggal 30 Juni hingga 6 Juli 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, Grace Punuh mengatakan, koordinasi dengan pusat untuk kelangsungan kegiatan terus dilakukan.

Kata Punuh, sebelumnya Sulut telah menggelar OSN tingkat provinsi pada April 2018 lalu. Peserta OSN provinsi kala itu berasal dari sekolah-sekolah di 15 kabupaten kota se-Sulut.

Saya berharap OSN kali ini semakin memacu Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk memaksimalkan potensi masing-masing siswa, dan juga dapat mengajarkan sekolah-sekolah di Sulut mampu berkompetisi secara sehat,” kata Punuh saat audensi bersama KORAN SINDO MANADO, Kamis (7/2/2019).

Selain itu, Punuh juga menerangkan, pihaknya terus memacu berbagai program untuk meningkatkan mutu pendidikan di Bumi Nyiur Melambai. Menurutnya, diperkirakan sekira 5000 pelajar akan berkumpul di Sulut.

Kita terus berinovasi lewat program-program yang bermanfaat untuk menunjang dan meningkatkan kualitas para siswa dan siswi SMA/SMK dan SLB,” terangnya.

Dia juga menuturkan, pelatihan kepada guru-guru mata pelajaran terus digelar rutin, untuk menghasilkan tenaga pengajar yang mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di bidangnya.

Kita terus evaluasi perkembangan pendidian di 15 kabupaten/kota. Pihaknya pun rutin melakukan peninjauan untuk melihat fasilitas dan proses belajar dan mengajar di setiap daerah di Provinsi Sulut,” tukasnya.

Dia menyebut, lewat banyaknya kegiatan pendidikan bertaraf nasional dan internasional yang digelar di Sulut, tentu akan memberikan dampak luar biasa terhadap perkembangan pendidikan yang positif di daerah ini.

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus mendorong peningkatan mutu pendidikan di Sulut, supaya bisa menghasilkan generasi penerus bangsa lewat lulusan-lulusan yang berdaya saing,” tandasnya.

Direktur Operasional (Dirops) KORAN SINDO MANADO/SINDOMANADO.COM, Gladys Runtukahu mengatakan, sebagai media tentu pihaknya mensupport program-program Dinas Pendidikan Daerah Sulut dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas.

Untuk memajukan sektor pendidikan, pastinya butuh peran semua pihak, baik pemerintah dan juga stakeholder tekaitnya. Sebagai media, kami juga akan menunjang semua program-program bermanfaat tersebut,” tukas Runtukahu. (ilona piri/rivco)