Mobil Listrik PLN-ITS Explore Indonesia “Kasuari” Tiba di Manado

oleh -
General Manager PLN UIW Suluttenggo Christyono (keempat dari kiri) saat berfoto dengan Mobil Listrik PLN-ITS Explore Indonesia “Kasuari” saat tiba di Manado, Jumat, 29/3/2019. (Foto: KORAN SINDO MANADO/STENLY SAJOW)

MANADO—Mobil Listrik karya anak bangsa yang dikembangkan oleh Universitas Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tiba di Manado, Sulawesi Utara,  Jumat, 29/3/2019

Setibanya di Manado Kasuari langsung melakukan charging di  Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang terletak di kantor PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo). Kedatangan mobil Listrik tersebut sudah ditunggu oleh segenap karyawan PLN Suluttenggo.

Kedatangan mobil listrik karya anak bangsa tersebut, disambut langsung oleh General Manager PLN UIW Suluttenggo Christyono dan jajaran manajemen.

Setelah menempuh 9.800 KM Mobil Listrik PLN-ITS Explore Indonesia “Kasuari” Tiba di Manado.

Perjalanan yang bertajuk PLN-ITS Explore Indonesia tersebut dalam rangka pengujian durability, safety dan performance mobil. Sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia bahwa bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi Mobil Listrik. Sampai saat ini total Mobil telah menempuh kurang lebih 9.800 kilometer (KM).

Perjalanan mobil listrik ini dimulai dari Surabaya. Kasuari telah melintasi Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan kini di Sulawesi. Perjalanan explorasi tersebut terus dilanjutkan hingga Papua dan kembali lagi ke Surabaya dengan total jarak 15.000 KM.

“PLN mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya pengembangan Mobil Listrik di Indonesia seperti yang saat ini dilakukan oleh rekan-rekan kita dari ITS. Infrastruktur penunjang Mobil Listrik seperti Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) telah kami sediakan. Sehingga PLN telah siap, apabila nantinya masyarakat beralih menggunakan Mobil Listrik sebagai kendaraan sehari-hari,” pungkas Christyono.

Tim yang beranggotakan mahasiswa dan dosen ITS tersebut mampu membuat Mobil Listrik dengan menggunakan 80% komponen yang berasal dari dalam negeri. Hal ini disampaikan oleh ketua tim PLN-ITS Explore Indonesia, Agus Muchlisin.

“Selama perjalanan pengujian ini kami mendapati bahwa Mobil Listrik lebih efisien dalam hal konsumsi energi, dengan 1 kWh mobil ini mampu menempuh 5 KM. Sehingga di masa depan Mobil Listrik akan menjadi alternatif kendaraan yang digunakan oleh masyarakat,” terang Agus.

Pada, Sabtu, 30/3/2019, Mobil Listrik Kasuari akan dipamerkan kepada masyarakat di Kawasan Mega Mas, Boulevard, Manado. Selain pameran akan ada kegiatan yang bertajuk “Electric Fun Day”, dimana masyarakat akan diajak senam bersama, Lomba Memasak menggunakan Kompor Induksi dan ada promo diskon tambah daya hingga 100% oleh PLN UP3 Manado.

“Mari ikuti dan ramaikan acara Electric Fun Day, akan ada berbagai hadiah menarik dan promo diskon tambah daya dari PLN,” tambah Christyono.

Sementara itu, Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi Syamsul Huda mengatakan, mobil listrik sudah diproduksi bahkan sudah  populer di negara lain. “Kita perlu dorong karena momentum ini bisa merubah yang selama ini di dunia otomotif kita hanya jadi penonton di negeri sendiri nanti kita bisa jadi pemain, kita bisa jadi produsen tidak hanya konsumen,” jelasnya.

Lanjut dia, sekarang pelaku usaha otomotif tinggal menunggu peraturan untuk menopang bisnis mobil listrik. “Pelaku usaha tinggal menunggu peraturan presidennya diteken sama Presiden, begitu diteken langsung lari,” paparnya. (stenly sajow)