Jurusan Teknik Mesin Polimdo Buat Alat Permainan Edukatif untuk Pelajar di TK Amelia Buha

oleh
Tampak, foto bersama Tim PKM Jurusan Teknik Mesin Politeknik Manado bersama para pelajar di TK Amelia Buha. (ist)

MANADO-Universitas Politeknik Negeri Manado (Polimdo) Jurusan Teknik Mesin menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM), yakni pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Matematika untuk pembelajaran anak usia dini di Taman Kanak-kanak (TK) Amelia Buha, Manado, Rabu (29/5/2019).

Ketua Tim dalam kegiatan ini, Meidy Kawulur, SSi, M.Si mengungkapkan, kegiatan pengabdian masyarakat masuk dalam tiga tugas pokok dosen, yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian. Pengabdian yang dilakukan adalah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum.

Kawulur menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dibiayai oleh Institusi Politeknik Negeri Manado melalui serangkaian proses seleksi. Dan sangat bersyukur karena proposal tim kami disetujui untuk program kemitraan masyarakat di TK Amelia Buha.

Sudah diserahkan beberapa alat permainan matematika untuk membantu pembelajaran untuk anak usia dini,” ungkapnya.

Lanjut dia, pendidikan pada masa usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak.

Keberhasilan proses pendidikan pada masa tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya,” ujar Kawulur yang didampingi anggota tim Dr Yurike Lewan, SS M.Hum.

Dituturkannya, tujuan pengabdian masyakata ini untuk menjadikan anak-anak lebih aktif dalam memanipulasi alat dan media pemleajaran matematika serta dapat mendukung konsep matematika secara riil, juga membantu para pengajar untuk memberikan kesempatan yang lebih besar kepada anak didik dalam mengikuti proses belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Sementara itu, mewakil pengajar di TK Amelia, Desmarilyn Maradesa berterima kasih kepada Polimdo Jurusan Teknik Mesin yang sudah membantu memberikan alat-alat permainan matematika untuk membantu proses pembelajaran pada anak usia dini.

Memang permainan ini sangat dibutuhkan sehubungan dengan minimnya alat permainan indoor yang ada di TK Amelia,” tandasnya. (rivco)