Bupati Iskandar Kamaru Berbaur dengan Masyarakat

oleh -
Tampak foto bersama Bupati Bolsel Iskandar Kamaru dan warga di tempat pemasangan Monuntul atau Tombilo Tohe.(Foto: Istimewa)

BOLSEL– Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru berbaur dengan masyarakat saat memasang lampu Monuntul.

Tradisi Monuntul atau Tombilo Tohe dikenal dengan malam pasang lampu yang sering dilakukan di penghujung Bulan Ramadan. Kini tradisi tersebut setiap tahun dilombakan.

Tradisi Monuntul ini pun di Kabupaten Bolsel mulai berlangsung pada Jumat (31/5/2019). Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru secara langsung membuka kegiatan lomba Monuntul tersebut bertempat di Desa Sakti, Kecamatan Posigadan.

Bupati yang didampingi para Asisten, staf ahli, pimpinan OPD, camat, dan Kapolsek Posigadan memulai acara tersebut setelah melaksanakan buka puasa dan Salat Mangrib berjemaan bersama masyarakat Desa Sakti.

Usai buka puasa bersama, bupati dan robongan bergegas ke Lapangan Desa Sakti untuk memasang lampu botol.

Acara itu menarik perhatian warga setempat, sebab untuk menyalakan lampu berbahan bakar minyak tanah tersebut, harus mengunakan 10.000 buah mata botol lampu.

Bupati pun mengapresiasi peran karangtaruna dan Pemerintah Desa Sakti yang telah mendesain malam Monuntul atau Tumbilo Tohe dengan sangat indah.

“Malam ini kita masyarakat Bolsel resmi melaksanakan Monuntul atau Tumbilo Tohe, tepatnya 27 Ramadan 1440 H. Saya berharap mari tetap menjaga tradisi yang religius,” ucap bupati.

Kata dia, Tumbilo Tohe disamping tradisi, menjadi budaya kerarifan lokal yang ada dan terus dilestarikan di Bolsel. “Sebagai daerah memiliki visi religius dengan falsafah adat bersendikan Sarah dan Sarah bersendi kitabullah, maka menjaga ibadah puasa kita,” pesannya. (Irfani Alhabsyi)