Dapat Perhatian Khusus, Jokowi Dorong Pembangunan Sulut

oleh -
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (kanan) saat meresmikan proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4/2019). Presiden meresmikan beroperasinya KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan, KEK Morotai, KEK Bitung, Rusun Mahasiswa IAIN Kota Manado dan Rusun Mahasiswa UKI Kota Tomohon. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.

MANADO-Wakil Gubernur Steven Kandouw mengakui pemerintah pusat sangat mendorong pembangunan di Provinsi Sulut. Perhatian khusus tersebut karena tangan dingin dan pendekatan Gubernur Olly Dondokambey.

Ini satu kebanggaan bagi kita, karena Pak Gubernur Olly Dondokambey tak henti-hentinya berupaya agar daerah ini bisa terus dibantu oleh pemerintah pusat soal pembangunan infrastruktur dan lainnya,” kata Kandouw, baru-baru ini.

Dia menyebut, telah mendengar informasi dan juga membacanya lewat media nasional, jika daerah ini masuk enam provinsi yang mendapat ‘perhatian khusus’ Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Waktu lalu, pak gubernur memboyong bupati dan wali kota se Sulut memenuhi undangan Presiden Jokowi di Istana Negara. Pertemuan itu, semua kepala daerah menyampaikan usulan pembangunannya,” terangnya.

Menurutnya, pemerintah pusat akan serius mendorong pembangunan di Provinsi Sulut yang dinilai mempunyai banyak potensi menjanjikan.

Apalagi kita sekarang lagi giat-giatnya mengembangkan sektor pariwisata. Pun sejumlah sektor lainnya seperti kelautan dan perikanan sedang dilirik banyak investor asing. Ini sangat baik dalam menunjang peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut Ricky Toemandoek mengatakan, Gubernur Olly telah mengusulkan rencana pembangunan Sulut kepada Kepala Bapenas RI Bambang Brodjonegoro di Jakarta, waktu lalu

Fokus agenda pertemuan tersebut yaitu membahas pembangunan infrastruktur di Sulut. Saya sudah sampaikan langsung ke Menteri Bappenas,” terangnya.

Toemandoek menyebut, proyek infrastruktur yang diusulkan tersebut berupa pembangunan jalan dan jembatan di Kota Manado, Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Pembangunan Jalan Lingkar Pulau Karakelang, Jalan Lingkar Pulau Salibabu dan Jembatan Pulau Salibabu-Karakelang,” jelasnya.

Kemudian lanjut Toemandoek, Pembangunan Jalan Manado Outer Ring Road III, pembangunan Fly Over Boulevard 2 dan Pembangunan Ruas Jalan Bandara-Likupang. Karenanya, untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur tersebut, Gubernur Olly mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mendukung pelaksanaan program pembangunan yang dikerjakan di Sulut.

Untuk diketahui Jembatan yang menghubungkan Pulau Karakelang dan Pulau Salibabu dan jalan lingkarnya memiliki nilai strategis yang mendukung pengembangan potensi sumber daya alam yang dimiliki Talaud. Sedangkan Jalan Manado Outer Ring Road ( MORR ) III sepanjang 11,4 km dan Pembangunan Fly Over Bolevard 2 sepanjang 1,3 km di Manado berperan penting dalam menguraikan kemacetan di Kota Manado yang sudah sangat tinggi. (rivco tololiu)